Wakili Bupati, Wagey Buka Sosialisasi KIM di Minahasa

TONDANO, mejahijau.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi yang diwakili Asisten II Sekdakab Drs Hanes Donald Wagey MBA membuka resmi sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang suport Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa di Aula Imanuel Koya, Kecamatan Tondano Selatan, Kamis, 12 September 2019.

Kegiatan diawali laporan Kepala Dinas Kominfo Agustivo Tumundo SE MSi diikuti oleh para tokoh masyarakat utusan Desa/Kelurahan mewakili 25 Kecamatan di Minahasa, dengan Nara Sumber Staf Khusus Bupati Minahasa Bidang Komunikasi Publik Ir Adi Palit dan Kabid Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Sulut Drs John Rembet MSi.

Dalam sambutannya Bupati ROR melalui Asisten II Donald Wagey mengapresiasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi pengembangan dan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat karena memberikan nilai tambah terhadap masyarakat dalam meningkatkan kesadaran pentingnya informasi.

Dikatakan Wagey, selain itu sosialisasi akan memperluas akses informasi melalui kelompok informasi masyarakat dan mendorong tumbuh kembangnya informasi masyarakat secara mandiri sebagai wahana informasi.

“Kelompok informasi masyarakat merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam menyampaikan informasi tentang perkembangan dan pembangunan serta dapat menambah pengetahuan guna menjadi lebih baik kedepannya,” ungkap Wagey.

Ditambahkannya, dalam rangka menunjang perwujudan Indonesia yang demokratis serta masyarakat yang peduli dan memahami informasi, maka masyarakat perlu diberdayakan dalam hal pengelolaan informasi secara demokratis guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan kebijakan pemerintah.

Wagey berharap, pembentukan kelompok informasi masyarakat berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat, serta menjembatani masyarakat dan pemerintah daerah dalam penyebaran informasi dan penyerapan aspirasi.

Sekiranya KIM ini dapat memberikan informasi hasil pembangunan yang sedang atau sudah dilaksanakan oleh pemerintah, serta sebagai mitra dialog dengan pemerntah dalam merumuskan kebijakn publik.

Sehingga pemerintah daerah mengharapkan sosialisasi pemberdayaan kelompok informasi masyarakat KIM nantinya dapat memberikan pemahaman serta menyamakan persepsi dan juga menjadi salah satu solusi alternatif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam berbagai sektor.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Tondano Selatan Johnny Tendean AP MAP, Camat Tondano Barat Robert Ratulangi SPd, Sekretaris Diskominfo Dra Sonya Lolowang, Kabid Informasi Komunikasi Publik Jeffry Wauran SSos, Kabid Teknologi Infokom Erker Aguw SKom, Kabid e-Government Gogen Ngantung SE dan Kabidbud Persandian dan Statistik Buslar Sanger SE.(herdy mendur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *