Lomban: Inovasi Adalah Kunci Menuju Kota Sehat

BITUNG, mejahijau.com – Walikota Maximiliaan Jonas Lomban SE, MSi menerima kunjungan Tim dari Kemenkes RI. Walikota juga mempresentasikan kesiapan kota Bitung mengikuti verifikasi lapangan (Verlap) Kota Sehat tahun 2019 di BPU Kantor Walikota Bitung, Senin 16 September 2019.

Keikutsertaan kota Bitung dalam Kota Sehat untuk memotivasi masyarakat agar bersama pemerintah membangun tatanan kehidupan untuk membangun masyarakat madani dan sehat.

Walikota Lomban menyampaikan selamat datang dan ucapan terimaksih kepada Tim Verlap Kemenkes RI dimana kedatangan ke kota Bitung yang ketujuh kalinya.

“Saya menerima kunjungan tim verifikasi kota sehat, harapannya bisa berbuah menjadi penghargaan kota sehat yang ke tujuh bagi kota Bitung,” harap Lomban.

Menurut Walikota, semakin tinggi tentu semakin banyak dokumen yang diverifikasi oleh tim. Apalagi kota Bitung dari 6 penghargaan kota sehat, sebanyak 4 kali berada pada strata yang paling tinggi.

“Sehingga tidak boleh ada kegiatan atau tempat tatanan yang sudah pernah dinilai atau diverifikasi laporan sebelumnya,” katanya.

Menurut walikota, paling tidak ada pengembangan atau inovasi luar biasa walaupun program, kegiatan, dan tempatnya sama. Sebagai informasi, Kota Bitung termasuk peringkat ke dua kualitas udara terbersih setelah luwuk, itu berdasarkan sumber air visual,” ungkap Lomban.

Sementara itu ketua Tim Verlap Kemenkes RI Lucky Haris mengapresiasi upaya dan keseriusan pemerintah kota Bitung menghadapi verifikasi kota sehat kali ini.

Tahun 2017 Bitung termasuk di tiga besar nasional, dan nyaris meraih hasil sempurna.

“Ini harus menjadi semangat bersama bukan saja dinas kesehatan tetapi semua perangkat daerah,” cetus Haris.

Kedepan pola penilaian akan lebih rumit lagi. Karena akan lebih banyak tim penilai dengan berbagai macam bentuk pola penilaian termasuk tatanan dan indikator-indikator yang sudah ditetapkan. Artinya akan dinilai sudah sejauh mana diterapkan kota Bitung dalam layanan kesehatan masyarakat.

Kota sehat adalah suatu kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi forum kota sehat dan difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan masing-masing kelurahan.

Hadir pada acara tersebut, Sekda DR Audi Pangemanan, unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung yang juga Kepala Sekolah lingkungan kota Bitung, para pejabat lingkup pemerintah kota Bitung, jajaran dinas kesehatan serta Wakil Kepala Sekolah sungai kota Bitung.(herry dumais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *