SOLO, mejahijau.com – Ketua Umum Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD mengingatkan semua pihak jangan sampai ada referendum di Papua. Hal ini mengacu pada hukum nasional dan internasional.

“Ada dua alasan hukum, satu hukum nasional dan dua hukum internasional. Ini sudah saya katakan dua hari sesudah peristiwa Papua itu,” kata Mahfud MD usai mengisi acara Halaqah Alim Ulama dengan tema “Menguatkan Ukhuwah Melalui Pendekatan Ibroh”, di Hotel Novotel Solo, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Mahfud MD mengatakan, sesuai konstitusi tidak boleh ada referendum di Papua karena hukum Indonesia tidak mengenal referendum untuk penentuan nasib sendiri daerah yang sudah dikuasainya.

Selain itu, kata dia, hal itu juga sesuai dengan konvensi internasional, yaitu konvensi tentang hak politik, hak sipil, dan hak ekonomi, sosial, budaya.

Mahfud MD mengatakan, pada konvensi tersebut dikatakan bahwa sebuah negara yang berkuasa secara sah atas wilayahnya boleh melakukan langkah apapun, termasuk langkah militer untuk mempertahankan negaranya.

“Itu konvensi yang sudah dideklarasikan pada tahun 2006, dengan UU Nomor 12 dengan ratifikasi yang ditandatangani oleh SBY (Susilo Bambang Yudhoyono, red),” jelasnya.

Ia mengatakan, UU tersebut menjelaskan bahwa seluruh daerah di NKRI yang ada sekarang ini harus dipertahankan dengan langkah apapun.

Mahfud MD juga menampik kaitannya dengan isu bahwa Mahfud terkesan diam saat menyikapi kondisi di Papua.

“Tanggal 21 Agustus saya sudah bicara itu di beberapa media, bahwa Papua adalah bagian sah dari NKRI. Jadi jangan lagi ada yang clometan seakan-akan saya diam,” pungkasnya.(jpnn/arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *