Wagub Steven Kandouw Bantu Ongkos Transport 17 Napi Bebas Penjara

MANADO, mejahijau.com – Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Wakil Gubemur Sulut Drs Steven OE Kandouw bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tuminting Manado, Sabtu, 17 Agustus 2019, pagi.

Rangkaian peringatan 17 Agustus dibarengi pemberian remisi kepada para warga binaan Lapas Manado dari Kemenkum-HAM RI.

Total keseluruhan yang mendapat remisi se-Sulut berjumlah 1597 narapidana. Terinci remisi umum satu sebanyak 1580 orang, dan remisi umum dua 17 narapidana langsung menghirup udara bebas.

Kepada 17 narapidana yang langsung menghirup udara bebas, Wagub Steven Kandouw menanggung biaya transportasi mereka untuk kembali ke kampung atau ke rumah masing-masing.

“Ini bagian dari dukungan dan motivasi kepada warga binaan yang telah bebas. Diharapkan kalian dapat memulai hidup baru, dan menjadi lebih baik lagi ke depan,” ucap Kandouw usai upacara.

Sambutan Menkum-HAM RI yang dibacakan Wagub Kandouw, menekankan semangat Kemerdekaan RI perlu terus dijaga dalam semua aspek.

Begitu juga kepada warga binaan yang menerima remisi, adalah bagian dari apresiasi pemerintah dalam memberikan dukungan kepedulian terhadap warga binaan.

“Ini juga bentuk apresiasi pemerintah agar dapat memperbaiki prilaku lebih baik di waktu-waktu mendatang,” kata Kandouw.

Adapun Wagub Kandouw sendiri mendapat sambutan hangat dari warga binaan, terutama mereka yang akan bebas dari tahanan. “Terima kasih pak Wagub, atas bantuan uang transportasinya,” tutur salah satu napi.

Pelaksanaan upacara berlangsung khidmat diikuti seluruh penghuni Lapas yang jumlahnya 550 warga binaan.
Hal menarik, tampak para petinggi Kanwil Menkum-HAM Sulut dan jajarannya beserta petugas Lapas, semuanya mengenakan pakaian adat khas Sulut saat mengikuti upacara bendera.(arya)

Wakil Gubernur Steven OE Kandouw menyalami para narapidana serta para pejabat Kemenkum-HAM RI di Lapas Manado. (IST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *