oleh

Relawan Karhutla Bitung Gelar Upacara 17 Agustus di Hutan Rawan Terbakar

BITUNG, mejahijau – Dalam rangka HUT ke-74 RI, Sabtu, 17 Agustus 2019, puluhan relawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) Kota Bitung menggelar upacara bendera.

Upacara digelar di Srawet Keluarahan Batuputih Kecamatan Ranowulu yang menjadi lokasi kebakaran lahan pada beberapa waktu lalu.

Selain puluhan relawan, ikut ambil bagian dalam upacara sejumlah personil Manggala Agni, dimana Alfa Frangky Sahabang bertindak selaku Inspektur Upacara.

Menurut koordinator relawan Karhutla Kota Bitung, Wesly Tamasiro, pemilihan lokasi upacara di Srawet yang berbatasan dengan CA Duasudara bukan tanpa alasan.

Baca juga:  Kenakan Pakaian Adat Minahasa, Bupati ROR Terima Penghargaan Swasti Saba

“Srawet adalah lahan perkebunan yang hampir setiap tahun mengalami kebakaran. Dan kebakaran di hutan ini mengancam kawasan hutan yang dihuni berbagai habitat satwa langka,” kata Wesly.

Alasan lain pihaknya menggelar upacara kemerdekaan RI di lokasi tersebut, kata dia, adalah sebagai bentuk komitmen relawan Kota Bitung dari berbagai organisasi untuk menjaga serta melestarikan lingkungan.

“Hutan Tangkoko dan CA Duasudara adalah rumah habitat satwa edemik serta tempat kita “bermain” yang harus dijaga bersama,” katanya.

Baca juga:  Penerima Bantuan Tunai di Desa Pinabetengan Selatan, Diumumkan dengan Pengeras Suara

Wesly bersama puluhan relawan berharap, kepulan asap atau api tidak terlihat lagi di sekitar batas hutan Tangkoko dan oknum-oknum yang melakukan pembakaran segera ditindak.

“Sampai saat ini kami masih tetap siaga di Posko transit sambil menunggu instruksi dari Manggala Agni karena dari pantauan sore tadi tidak ada lagi asap di wilayah Srawet,” pungkasnya.(herry dumais)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed