oleh

Kodim Tobelo Pusatkan Sholat Idul Adha di Mesjid An-Nur Makodim Tobelo

TOBELO, mejahijau.com – Dandim 1508 Tobelo, Letkol Kav Tri Sugiarto melaksanakan sholat Idul Adha 1440 Hijriah tahun 2019 di Mesjid An-Nur berkedudukan di Markas Kodim Tobelo Jalan Kawasan Pemerintahan, Ds. MKCM Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Minggu, 11 Agustus 2019.

Perayaan Hari Raya Idul Adha kali ini mengusung tema, “Dengan hikmah Idul Adha 1440 H/2019 M sebagai momentum peningkatan ketakwaan dan semangat berkorban guna mendukung tugas pokok TNI”.
Bertindak sebagai Imam Mesjid Koptu Hairudin, Khatib Ustads Muhammad Aliyin,S.Pd.

Khotbah Ustads Aliyin,S.Pd menyebut soal betapa besar dan sakralnya perayaan Idul Adha sehingga umat Islam selalu menyambutnya dengan gegap gempita dan penuh suka cita.

Lantunan takbir menjelang Idul Adha selalu bergemuruh dan menggema menembus langit-langit dunia mengiringi perginya senja, tanda hari pelaksanaan shalat Idul Adha dimulai.

Baca juga:  Letkol Sugiarto: Idul Adha Berhikmah Ketika Kita Turut Bahagiakan Warga Kurang Mampu

Sembelihan hewan kurban menjadi poin penting pada hari Idul Adha yang kerap disebut Idul Kurban. Umat Islam pun tenggelam ke dalam penghayatan ritualitas ibadah yang sarat makna. Meningkatnya kesadaran religius umat ditandai menggelembungnya kuantitas hewan kurban, merupakan fenomena yang menggembirakan.

Lanjut dikatakan Ustad Aliyin, Idul Adha itu sendiri seringkali hanya dipahami sebatas ibadah ritual keagamaan yang rutin. Artinya, setiap umat Islam yang melaksanakan ibadah kurban dan salat Idul Adha, hanya terpaku pada kebiasaan dan rutinitas saja tanpa berimbas pada peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan.

Nabi Ibrahim a.s dan Ismail a.s telah membuktikan, agar manusia Muslim jangan sampai terpenjara oleh kecintaan kepada dunia secara berlebihan dan membawa dirinya lupa kepada hakikat dan tujuan hidupnya yang sejati yakni memperoleh keridhaan Allah.

Baca juga:  Danramil Galela 'Jadi Guru' Kebangsaan untuk Siswa SMA Kristen Nehemia

“Yang diharapkan dan diutamakan bukanlah daging atau darah yang mengalir setelah penyembelihan. Yang terpenting Allah harapkan dari ibadah kurban, adalah takwa dan keikhlasan kita,” katanya.

Sholat Idul Adha diikuti Dandim 1508 Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto serta ibu, para Perwira Staf Dim 1508 Tobelo, Dansub Denpom XVI/I-I Tobelo Kapten CPM Rahaji Satrio Putro, personel Bintara dan Tantama Dim 1508 Tobelo serta personel Koramil jajaran domisili Tobelo, ibu-ibu Persit KCK cabang XXXI Dim 1508 Tobelo, serta masyarakat sekitar.(willy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed