Maurits Mantiri Adopsi ‘Online Civil Services’ Kota Surabaya

BITUNG, mejahijau.com – Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri, MM bersama jajarannya melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Surabaya, Selasa 07 Agustus 2019.

Kesempatan itu rombongan Wakil Walikota Mantiri bersama jajaran disambut langsung Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya.

Pertemuan tersebut, Walikota Surabaya mempresentasikan sistem pelayanan publik berbasis online, terutama bidang kependudukan dan kesehatan di Kota Surabaya.

Risma mengatakan, setiap kota memiliki masalah yang berbeda-beda. Begitu juga dengan treatment atau cara menanganinya tidak sama.

Sehingga apa yang diterapkan di Kota Surabaya, belum tentu sama dengan kota-kota lain. Terlebih menyangkut kesehatan dan kependudukan dengan masalah yang berbeda.

“Kan tiap kota beda-beda ya. Di sini caranya ya kita turun ke lapangan, ke masyarakat. Kalau di kota lain ya beda. Belajar aja sistemnya, tapi harus tau karakter kotanya ya,” jelas Risma di Balai Kota Surabaya.

Risma juga memberi masukan kepada Pemkot Bitung untuk lebih fokus meningkatkan layanan kesehatan di tingkat puskesmas, serta menyiapkan rujukan di rumah sakit besar secara cepat kepada pasien yang membutuhkan.

Setuju dengan paparan Walikota Surabaya, Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri mengatakan, pihaknya sedang mencari tahu secara lengkap apa yang menjadi sumber permasalahan yang dihadapi, adalah jawaban untuk menyelesaikan permasalahan di kotanya.

“Kesimpulannya bahwa setiap program dan kegiatan itu tidak sekadar dalam hitung-hitungan, tetapi juga perlu pendekatan sosiologi dalam rangka memaknai kenapa mereka butuh program ini dan berdampak pada mereka,” ujar Mantiri.

Lanjut kata Mantiri, selama ini banyak hal yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Bitung namun belum setepat di Kota Surabaya.

Maka dari itu, pihaknya berterimakasih kepada Pemerintah Surabaya yang bersedia memberikan saran dan masukkan kepada Pemerintah Kota Bitung.(herry dumais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *