oleh

Kemenhub Tunjang Pariwisata Sulut dengan Bantuan Dua unit Kapal

MANADO, mejahijau.com – Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) bersinerji dengan Pemprov Sulut dalam menunjang pengembangan Pariwisata Sulut dengan konsep pengembangan Segi Tiga Pariwisata Bahari Sulut.
Menunjang target kepariwisataan, pemerintah pusat meluncurkan dua unit kapal Rede, masing-masing KM Gandha Nusantara 13, dan KM Gandha Nusantara 18.

Dua kapal jenis LCT yang diserahkan melalui Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala) Ditjen Hubla Capt Wisnu Handoko ini segera beroperasi. Fasilitas kapal ini sebagai penghubung multi purpose yang akan dipergunakan untuk menunjang pariwisata di Sulut.

“Dua kapal ini ukurannya kurang lebih 95 GT, bisa mengangkut 56 penumpang. Pintu depan juga dia bisa digunakan untuk mobilisasi mobil. Kami serahkan kapal ini untuk dioperasikan sebaik-baiknya oleh Pemda Sulut melalui operator PT Pelni,” ujar Capt Wisnu Handoko.

Baca juga:  Denny Tewu, Berbekal Pengalaman jadi Calon Senator

Dua unit kapal ini bisa melayari pulau-pulau kecil yang tidak punya dermaga. Kapal ini pula dapat menunjang pemerintah untuk mobilisasi ambulans, atau mobil-mobil yang dapat mensupport kegiatan pemerintah.

“Untuk menujang pariwisata dan dapat menunjang mobilisasi kendaraan-kendaran penunjang kegiatan pemerintah,” ungkap Kadishuda Sulut, Lynda Watania saat serah terima kapal di Pelabuhan Manado, Jumat, 02 Juli  2019.

Kehadiran tiga unit kapal Rede akan saling terkoneksi dengan rencana rute trayek masing-masing, yakni:
1. Pesisir Kota Manado – Bunaken – Manado Tua – Siladen – Mantehage.
2. Likupang – Mantehage – Nain – Gangga – Bangka – Talise.
3. Bitung – Lembeh – Talise.

“Pelayaran tiga kapal itu pulang pergi (PP). Masyarakat atau wisatawan dapat melakukan perjalanan ke semua pulau yang berada di Kota Manado, Minut, Bitung. Kedepan program ini akan terkoneksi sampai ke Kepulauan Nusa Utara melalui laut dan udara,” papar Lynda.

Baca juga:  Stvri Tenda Nahkoda Baru PBSI Minahasa

Lanjut dikatakan, semua adalah perjuangan gubernur, Wagub dan Sekprov untuk memenuhi kebutuhan transportasi laut serta pengembangan kawasan pariwisata bahari yang terintegrasi dalam satu kawasan pariwisata berbasis bahari.

“Gubernur, Wagub, dan Sekprov menyambut gembira kapal ini, dan mengucapkan terima kasih kepada Kemenhub dan segenap stakeholders perhubungan laut yang telah membantu perhubungan pariwisata di Provinsi Sulut,” pungkas Lynda, saat serah terima kapal yang dilangsungkan dengan sea trial ke Teluk Manado.(arya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed