MANADO, mejahijau.com – Wanita Selam Indonesia (WASI) yang dipimpin Tri Tito Karnavian berhasil memecahkan satu rekor dunia kategori Rangkaian Penyelam Terpanjang di bawah air. Pemecahan rekor yang diikuti 578 penyelam pria dan wanita ini dilakukan di Pantai Manado, Kawasan Megamas Manado, Kamis, 01 Agustus 2019.

Rekor baru ini disahkan Guinness World Records Official Attempt yang diwakili Solvej Malouf, Guinness World Records Adjudicator.

Para penyelam terdaftar dan telah dipilih khusus oleh tim panitia penyelenggara, dan mereka berdomisili di Kota Manado.

Rekor ini memecahkan rekor sebelumnya yang pernah dipecahkan oleh Amerika tahun 2018 dengan jumlah penyelam sebanyak 386 penyelam.

“Kita patut syukuri peserta semua naik dengan selamat. Rekor yang dipecahkan hari ini, tentu berbeda dengan rekor yang akan dipecahkan tanggal 3 Agustus,” kata istri tercinta Kapolri Tito Karnavian.

Lanjut dikatakan, teknis keselamatan dan penyelaman diharapkan sama dan bahkan bisa lebih baik lagi karena para peserta sudah mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Menurut Tri, pemecahan rekor ini semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai negara maritim yang mampu melebihi rekor yang dilaksanakan negara lain.

WASI secara khusus sebagai organisasi selam menginisiasi kegiatan ini sebagai wujud dukungan untuk memajukan pariwisata serta mendorong masyarakat untuk aktif menjaga kelestarian laut Indonesia.

Kegiatan pemecahan rekor Guinness World Records Official Attempt telah dipersiapkan WASI kurang lebih satu tahun. Persiapan mulai dari koordinasi para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan dari luar Indonesia, serta proses panjang pemilihan lokasi untuk melaksanakan kegiatan ini hingga akhirnya Manado terpilih sebagai lokasi paling tepat.

“Kita sudah melakukan survei ke seluruh Indonesia, karena untuk melakukan kegiatan berskala besar seperti ini tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Kami memeriksa mulai dari fasilitas hotel, penerbangan dan tentunya venue tempat diselenggarakannya acara untuk keselamatan para peserta,” kata Tri.

Dari seluruh tempat yang disurvei, kata dia, Kota Manado beruntung karena menjadi tempat terbaik untuk pelaksanaan kegiatan ini.

“Kami berharap, masyarakat Manado pun tidak hanya menjadi penonton, namun selanjutnya dapat menjadi pelaku pecinta laut yang ada,” kata Tri.

Sejak didirikan tahun 2018, WASI telah melakukan berbagai kegiatan mengedukasi masyarakat tentang kegiatan maritim dan mengampanyekan pelestarian kehidupan dan wisata laut Indonesia.

Salah satunya pemecahan rekor MURI pada 2018 untuk Penyelaman Massal Wanita terbanyak yang diikuti oleh 930 penyelam wanita.

Selain itu, WASI juga pelopori Pembentangan Bendera Terpanjang di dalam Laut Indonesia sepanjang 500 meter.(arya/*humaspoldas)

Baca juga:  Kapolres Sangihe Gelar Pasukan Operasi Samrat 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed