oleh

Gubernur Olly Bantah Mengganjal Pelantikan Elly – Mochtar

MANADO, mejahijau.com – Batalnya pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih memicu demo ratusan massa pendukung pasangan Elly Engelbert Lasut dan Mochtar Arunde Parapaga, Senin 22 Juli 2019.

Pendemo mempertanyakan penyebab batalnya pelantikan Elly – Mochtar yang sudah terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 27 Juni 2018, lalu.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih sepenuhnya kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Sampai saat ini saya baru terima SK pelantikan PLH Bupati Talaud,” kata Olly kepada wartawan di sela-sela peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke -59 di lapangan Sparta Tikala, Senin 22 Juli 2019.

Baca juga:  Antisipasi Covid-19, Elly-Moktar Lakukan Penyemprotan Disinfektan Serentak

Lanjut dikatakan, Pemprov Sulut tidak punya kewenangan untuk mempercepat pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih.

“Sekali lagi saya tegaskan, soal kapan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud, itu mutlak kewenangan Menteri Dalam Negeri,” tandas Olly.

Terkait kecurigaan sekaligus tudingan Pemprov Sulut memperlambat, menunda, dan menghalangi pelantikannya, itu tidak benar sama sekali.

“Saya tidak pernah berniat, apalagi menunda-nunda atau menghalangi pelantikan. Pemprov Sulut mendukung proses demokrasi di Kabupaten Talaud sedari awal hingga akhir,” katanya.

Pun masalah mencuat ketika Kemendagri mengeluarkan radiogram nomor: T.131.71/3827/OTDA, tertanggal 18 Juli 2019, yang antaranya perihal pengangkatan Sekretaris Daerah (Sekda) Talaud sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kepulauan Talaud.

Baca juga:  Terancam Gagal Panen, Fungsi Bendungan Talawaan Dipertanyakan

Radiogram tersebut juga menyentil bakal terjadi kekosongan jabatan, menyusul berakhirnya masa jabatan Bupati Sri Wahyumi Manalip dan Wakil Bupati Simon Petrus Tuange.

Menindaklanjuti radiogram Kemendagri, maka Gubernur Olly Dondokambey mengeluarkan Surat Kawat Nomor 100/19.6136/Sekpr-Ro.Pem, tertanggal 20 Juli 2019, yang isinya antaranya menugaskan kepada Sekda Talaud untuk melaksanakan tugas sebagai Pelaksana Harian Bupati Talaud.(vanny)

BERITA TERKAIT:

1. Di Bandara Melonguane, Adolf Binilang Disambut secara Adat
2. Adolf Binilang Disahkan Pimpin Kabupaten Kepulauan Talaud

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed