oleh

Lobu Satu Bakal Ciptakan Pembasmi Hama dari Tempurung

RATAHAN, mejahijau.com – Pemerintah Desa Lobu Satu, Kecamatan Touluaan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), bakal ciptakan obat pembasmi hama dengan bahan dasar tempurung.

Hal ini disampaikan Pero Pelealu, Kepala Desa Lobu Satu kepada mejahijau.com, Senin, 15 Juli 2019.
Dalam kegiatan bursa inovasi desa, ada banyak trobosan yang di lakukan oleh setiap Pemerintah Desa yang ada di Kabupaten Mitra.

Termasuk olahan buah kelapa saat ini, banyak sekali ide-ide yang dikembangkan, kemudian di olah menjadi produk andalan Desa.

Baca juga:  Beralih ke PLN Bersubsidi, Warga Diminta Berkoordinasi dengan Kades

Kali ini, Desa Lobu Satu, dengan bahan dasar buah kelapa kemudian diambil tempurungnya. Prosesnya tidak sulit, hanya memanfaatkan asap tempurung, lalu diolah menjadi cairan pembasmi hama.

“Pembasmi dari asap yang diolah menjadi cairan ini, sangat efektifuntuk memberantas hama apa saja, dan bisa untuk semua jenis tanaman,” papar Kades

Lanjut dikatakanya, tidak hanya itu, bahkan olahan asap cair ini, bisa juga dijadikan bahan pengawet alami untuk semua jenis ikan asin, dengan jangka waktu yang lebih jauh dari pengawet buatan lainnya.

Baca juga:  Pembinaan Kepramukaan Sedianya Membentuk Mental Positif Penerus Bangsa

“Saya mewakili masyarakat, sangat berharap Pemerintah Daerah agar lebih mendorong setiap program unggulan yang dibawakan setiap pemerintah desa dalam bursa inovasi desa, dan kiranya program ini akan terealisasi awal tahun 2020,” tandas Kades Pelealu.(fanly tangel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed