oleh

Fakultas Kedokteran Unsrat Terbaik di Indonesia. Ini urutan peringkatnya…

MANADO, mejahijau.com – Sangat membanggakan ketika Ilmu Kedokteran yang diembankan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) meraih ranking terbaik.

Peluang kerja sebagai tenaga kesehatan terbilang sangat menjanjikan. Menyusul kebutuhan dokter dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang pesat.

Berdasarkan data yang dihimpun dari situs resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berikut peringkat 20 besar Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia.

1. Universitas Airlangga (Unair)
Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) menduduki peringkat teratas setelah mendapat akreditasi A pada tahun 2018 lalu. Sebelumnya, Kedokteran Unair juga mengantongi predikat A pada akreditasi tahun 2012.

2. Universitas Hasanuddin (Unhas)
Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menduduki peringkat kedua dengan predikat akreditasi A.
Fakultas Kedokteran Unhas termasuk prodi favorit yang ramai peminat di SBMPTN 2019.

3. Universitas Diponegoro (Undip)
Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengantongi predikat A pada penilaian BAN-PT tahun 2017.
Kampus ini juga memiliki rumah sakit berskala nasional untuk tempat praktik para mahasiswanya.

4. Universitas Mataram (Unram)
Tidak cuma di pulau-pulau besar, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (Unram) di Pulau Lombok juga berhasil mengantongi predikat A.

5. Universitas Padjajaran (Unpad)
Perguruan tinggi negeri berikutnya yang memiliki Fakultas Kedokteran dengan akreditasi A adalah Universitas Padjajaran Bandung (Unpad).
Peminatnya tak kalah tinggi dengan Prodi Manajemen yang dibanjiri ribuan pendaftar tiap tahun.

6. Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado
Di ujung utara Pulau Sulawesi, ada Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dengan Fakultas Kedokterannya yang sudah mendapat akreditasi A. Pada penilaian BAN-PT tahun 2018, Kedokteran Unsrat menduduki peringkat keenam se-Indonesia.

7. Universitas Udayana (Unud)
Pulau Bali tak hanya menawarkan tempat wisata yang indah nan eksotik. Di sana juga terdapat perguruan tinggi negeri berkualitas, yaitu Universitas Udayana (Unud). Fakultas Kedokteran Unud sudah terakreditasi A sejak tahun 2016.

Baca juga:  Ungkap Kasus Narkoba Terbesar, 8 Anggota Polda Sulut Terima Penghargaan

8. Universitas Andalas (Unand)
Universitas Andalas di Kota Padang bisa dijadikan rujukan untuk kamu yang berminat mengambil studi kedokteran di wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya. Kampus ini mendapat predikat A sejak tahun 2011, dan kembali mengantongi nilai yang sama pada proses akreditasi tahun 2016.

9. Universitas Negeri Jember (Unej)
Universitas Negeri Jember (Unej) adalah perguruan tinggi negeri terbesar di Jawa Timur. Kampus ini memiliki Fakultas Kedokteran yang sudah terakreditasi A sejak tahun 2016.

10. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
Di peringkat ke-10 ada Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang juga meraih predikat A sejak tahun 2016.
Peminatnya tak kalah banyak dengan Prodi Komunikasi yang terkenal favorit lainnya.

11. Universitas Sebelas Maret (UNS)
Universitas Sebelas Maret (UNS) termasuk salah satu perguruan tinggi yang membuka Prodi Psikologi Saintek di bawah Fakultas Kedokteran. Pada tahun 2016, Fakultas Kedokteran UNS kembali meraih akreditasi A setelah sebelumnya mendapat predikat serupa di tahun 2009.

12. Universitas Sumatera Utara (USU)
Tertarik mengambil prodi Kedokteran di Sumatera Utara? Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) sudah meraih predikat A pada tahun 2016, lho. Kampus ini berada di peringkat ke-12 Fakultas Kedokteran terbaik se-Indonesia.

13. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
Tinggal di bagian paling utara Pulau Sumatera? Reputasi Universitas Syiah Kuala Aceh (Unsyiah) tak perlu diragukan lagi. Perguruan tinggi negeri di Nangroe Aceh Darussalam ini memiliki Fakultas Kedokteran yang sudah terakreditasi A sejak tahun 2016.

14. Universitas Brawijaya (Unibraw)
Universitas Brawijaya Malang (Unibraw) menempati peringkat teratas jumlah pendaftar terbanyak pada SBMPTN 2019. Salah satu program studi favoritnya adalah Ilmu Kedokteran. Wajar, kampus ini sudah mendapat predikat A untuk Fakultas Kedokteran sejak tahun 2008 dan kembali meraihnya pada 2014.

Baca juga:  Penyelundupan 100 Ton Pakaian Bekas Berhasil Digagalkan

15. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Masuk dalam jajaran tiga besar perguruan tinggi negeri terbaik se-Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) mengantongi predikat A sejak tahun 2010 dan berhasil mempertahankan prestasinya di tahun 2014.

16. Universitas Indonesia (UI)
Sebagai perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia, kualitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) juga dikenal unggul. UI mengantongi predikat A pada tahun 2011 dan 2014.

17. Universitas Sriwijaya Palembang (Unsri)
Pilihan kampus kedokteran unggulan lainnya di wilayah selatan Sumatera adalah Universitas Sriwijaya (Unsri). Fakultas ini sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2013.

18. Universitas Islam Indonesia (UII)
Universitas Islam Indonesia (UII) termasuk salah satu kampus swasta favorit di Yogyakarta. Fakultas Kedokterannya juga sudah mengantongi predikat A dari BAN-PT dan masuk dalam jajaran 20 besar kampus kedokteran terbaik se-Indonesia.

19. Universitas Pelita Harapan (UPH)
Dijuluki sebagai kampusnya pesohor dan selebriti, Universitas Pelita Harapan memang terbukti unggul dari segi kualitas. Fakultas Kedokterannya sudah mengantongi predikat terakreditasi A sejak tahun 2017.

20. Universitas Tarumanagara (Untar)
Fakultas Kedokteran di Universitas Tarumanagara berpredikat A sejak tahun 2015. Perguruan tinggi swasta yang memiliki tiga kampus di Jakarta ini bisa dijadikan alternatif pilihan buat kamu yang tertarik mengambil studi Ilmu Kedokteran.
Itu peringkat 20 besar kampus Kedokteran terbaik se-Indonesia versi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).(arya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed