Deal! Trump Sepakat Tidak Tambah Tarif Baru Barang dari China

JAKARTA, mejahijau.com – Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dengan China sedikit mereda. Itu karena Presiden As Donald Trump dengan Presiden China Xi Jinping bertemu di sela-sela konferensi tingkat tinggi (KTT) G-20.

Mengutip Xinhua, Sabtu 29 Juni 2019, menyebut kedua pemimpin negara telah merundingkan kondisi perdagangan antara kedua negara. AS dengan China akan kembali melakukan negosiasi perdagangan antar negara.

Kesepakatan itu juga disebutkan, AS tidak akan mengenakan tarif baru atas barang ekspor China. Kemudian tim negosiasi kedua negara saat akan membahas isu-isu lain yang spesifik.

Perselisihan kedua negara berekonomi jumbo itu telah merugikan miliaran dolar perusahaan di kedua negara.
Perang dagang kedua AS-China telah mengganggu jalur produksi dan pasokan global, serta mengacaukan pasar global.

Menurut Trump, ia akan duduk bersama dengan Xi. Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama mereka setelah tujuh bulan silam. Pertemuan akan dilakukan siang hari di Osaka. Salah satu yang dibahas mengenai sengketa Huawei Technologies Co.

Trump mengatakan, keduanya juga telah bertemu pada Jumat malam sebelumnya, 28 Juni 2019, saat makan malam para pemimpin Kelompok G-20.

“Banyak yang dicapai sebenarnya tadi malam. Hubungannya sangat baik dengan China. Mengenai apakah kita dapat membuat kesepakatan atau tidak, waktu akan memberi tahu. Tetapi hubungan itu sendiri benar-benar hebat,” pungkas Trump seperti dilansir Reuters, Sabtu 29 Juni 2019.(dtc/arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *