Pangemanan: Mari Budayakan Membaca

BITUNG, mejahijau.com – Sekretaris Daerah Kota Bitung DR Audy Pangemanan AP M.Si bersama Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung M. Si membuka sosialisasi Minat Kebiasaan Membaca dan Pembinaan Perpustakaan di BPU Kantor Walikota Bitung, Jumat (10/05/19).

Sosialiasi terangkai dengan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se Kota Bitung ini, sambutan Sekot Bitung mengatakan, buku dengan segala kelebihannya tak dapat digantikan oleh teknologi saat ini.

“Alasannya buku bisa dibaca dimana saja dan kapan saja. Sedangkan teknologi dewasa ini masih terkendala ketiadaan sumber energi yang sangat mempengaruhi fungsi dari piranti teknologi itu sendiri.

Namun begitu, kata Pangemanan, harus diakui bahwa teknologi tetap mempunyai andil besar terhadap peningkatan kecerdasan masyarakat.

Olehnya, Sekot Pangemanan menyambut baik pelaksanaan sosialisasi minat kebiasaan membaca dan pembinaan perpustakaan yang dirangkaikan dengan lomba bercerita tingkat SD/MI se Kota Bitung ini.

“Pada saat ini juga, budaya membaca dapat terus ditingkatkan,” ujar Pangemanan.
Kesempatan ini sekiranya dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Bitung untuk menambah wawasan tentang budaya baca, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Selain itu, masyarakat juga dapat berprestasi lewat lomba bercerita sehingga minat dan kegemaran membaca terus berkembang, dan akan memberi dampak baik untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan, serta nasionalisme.

“Dan ini juga menumbuhkan rasa memiliki terhadap budaya atau kearifan lokal daerah kita. Diharapkan dari pelaksanaan ini dapat membiasakan dan melatih anak-anak untuk hidup cerdas, memiliki mental kreatif dan berkompetensi,” cetus Pangemanan.

Pemerintah Kota Bitung sendiri, kata Sekot Bitung, berharap menjadi wadah yang tepat untuk mendapatkan perutusan yang nantinya mewakili Kota Bitung ke kompetisi yang lebih tinggi, yaitu lomba bercerita tingkat provinsi Sulawesi Utara tahun 2019.

Sementara jumlah peserta sosialisasi terdaftar berjumlah 150 orang, peserta bercerita sebanyak 8 orang.
Hadir pada kegiatan itu, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs Oktavianus Tumundo, Ketua Dharma Wanita Kota Bitung Ny dr Rinny Pangemanan Tinangon, SpPD – FINASIM, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah.(herry dumais)

Sekot DR Audy Pangemanan AP M.Si bersama Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung MSi saat sosialisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *