MANADO, mejahijau.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Sulawesi Utara (Sulut) di Hotel Aston Manado melantik 41 Advokat, Sabtu (04/05/2019).

Ketua DPD KAI Sulut, John Hesky Sada SH dalam sambutannya mengingatkan, Advokat dalam bertugas untuk dapat menjaga nama baik profesi dan organisasi tempat dia bernaung.

“Ini titik awal kalian menjadi Advokat. Nanti pada Juni akan diambil sumpah sebagai Advokat. Kalau waktu-waktu lalu, pengangkatan dan penyumpahan dipisahkan, tetapi kini digabung menjadi satu,” ungkap Sada.

Lanjut Ketua DPD KAI Sulut ini, dengan diangkat sebagai Advokat sah, maka kita sudah dapat menjalankan profesi. Untuk menjalanlan profesi Advokat, senantiasa selalu berdasar kode etik dan menjaga nama baik organisasi.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kongres Advokat Indonesia (KAI), Apolos Djara Bonga SH, dalam sambutannya mengatakan, Advokat harus mempunyai tanggung jawab profesi.

“Kita setara dengan penegak hukum lainnya, yang membedakan Advokat tidak ada pensiun sampai meninggal dunia,” ujarnya.

Sekjen KAI itu juga mengingatkan Advokat dalam menjalankan profesi dengan kemurahan hati untuk menolong orang-orang yang tertindas.

“Profesi Advokat adalah profesi yang mulia dan terhormat (officium nobile), sehingga laksanakan profesi harus segenap hati dan segenap jiwa . Jika tidak, anda akan dikenakan kode etik,” katanya mengingatkan.

Kata dia, Advokat harus senantias terus belajar dan belajar. Ia juga memberi terminologi mengenai kesetiaan dalam menjaga profesi untuk tidak merubah sikap dalam menjalankan tugas profesi dengan baik.

“Kalau kita ikhlas melaksanakan tugas profesi terutama membantu orang yang tidak mampu, maka Tuhan akan membuka berkat kita sebagai Advokat,” imbuhnya.

Apolos menyampaikan selamat bertugas kepada para Advokat yang baru diangkat. Selamat bekerja dan selalu menjaga nama baik Advokat dan organisasi.

Tampak 41 Advokat yang baru dilantik begitu antusias mengikuti tahap demi tahap acara. Kegiatan ditutup dengan ungkapan terimakasih yang disampaikan Sekretaris DPD KAI Sulut, Bertje Nelwan SH.(arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *