Seriusi Pelayaran Cargo, Niat Philipina Disambut Baik Walikota Bitung

BITUNG, mejahijau.com – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE,MSi menerima kunjungan Konjen Philipina Oscar G Orcine bersama para para pelaku usaha dari Philipina di Rumah Dinas Walikota Bitung, Kamis (16/05/2019).

Tujuan pertemuan, kata Lomban, untuk membahas hal-hal teknis terkait pelayanan kapal kargo rute Davao-General Santos-Bitung. Pertemuan tersebut jug membahas mengenai peluang pelayanan jasa, seperti kargo, jadwal pelayaran, tarif, biaya, dan lainnya.

“Pertemuan juga membahas peluang-peluang baru yang bisa dibuka untuk jalur pelayaran perdagangan antara Indonesia-Filipina-Vietnam-China-Malaysia-Jepang-Korea, serta memberikan informasi terkait pelayanan dan sistem import-eksport di Kota Bitung,” papar Lomban.

Sementara menurut Konsul Orcine, perjalanan Bitung ke Philipina saat ini memakan waktu 3-4 hari. Negaranya inginkan perjalanan jalur itu hanya 1,5 hari saja.

“Kami juga menginginkan pelayanan berkelanjutan, dan memiliki konektifitas dengan negara-negara sekitar,” kata Oscar G Orcine .

Lanjut dia, diharapkan terbukannya jalur kerjasama ini dapat mempermudah perdagangan baik dari dalam maupun ke luar negeri.

“Jadi bukan saja terbatas Indonesia-Philipina saja, tetapi akses ke seluruh dunia,” tambah Orcine.

Terkait itu, Walikota Bitung mengatakan, pemerintah Indonesia akan memberikan kemudahan-kemudahan dalam rangka membuka peluang-peluang investasi yang menguntungkan kedua belah pihak tanpa mengabaikan keamanan.

“Peluang ini sudah pernah ada, tetapi terhambat pada kewenangan dan aturan yang belum sama. Pemerintah Kota Bitung berusaha mempermudah seluruh proses perijinan dan persyaratan agar kerjasama ini dapat berjalan dengan baik,” ucap Walikota Lomban.

Ketua Partai Nasdem Provinsi Sulut ini mengajak keberpihakan dalam rangka mewujudkan peningkatan pertumbuhan ekonomi untuk mewujudkan visi Indonesia tahun 2045 yang digembosi Presiden Joko Widodo agar Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

“Dan peluang itu sangat terbuka di Kota Bitung,” tutur Lomban.

Turut hadir Ketua TP PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung M.Si, Sekertaris Daerah Kota Bitung DR Audy Pangemanan AP.MSi, perangkat daerah terkait, PT Pelindo Bitung, Bea Cukai, pelaku usaha Kota Bitung, Pimpinan Perusahaan Cargo Reefer Philipines, dan delegasi lainnya.(herry dumais)

Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban memaparkan potensi Kota Bitung dihadapan Konjen Philipina Oscar G Orcine bersama rombongannya.
Walikota Maximiliaan J Lomban bersama instri Dra Khouni Lomban Rawung M.Si foto bersama Konjen Philipina Oscar G Orcine.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *