Kalender Pariwista Sulut, Pemkot Bitung Luncurkan Sejumlah Agenda Menarik

BITUNG, mejahijau.com – Walikota Bitung Maxmiliaan J Lomban SE M,Si didampingi Ketua TP-PKK Dra Khouni Lomban Rawung, M.Si menghadiri Launching of Event 2019 North Sulawesi (COE 2019 NS) bertempat di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Jakarta (23/04/2019).

Launching Calendar Of Event 2019 North Sulawesi dihadiri langsung Menteri Pariwisata Republik Indonesia Dr Ir Arief Yahya MSc. Menurut Menteri Pariwisata, Sulawesi Utara patut bangga karena dari 14 event, tiga diantaranya masuk dalam kalender nasional, yakni Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF), Festival Pesona Bunaken, dan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL).

Kesempatan itu Walikota Lomban mengatakan, pihaknya akan terus berupaya sebaik mungkin menjadikan Kota Bitung sebagai kota destinasi unggulan Sulawesi Utara.  Selain itu, Pemkot Bitung akan berkomitmen menyukseskan program pariwisata Provinsi Sulawesi Utara.

Wisata unggulan sebagai bagian dari Wonderful Indonesia yang dicanangkan Kementerian Pariwisata, komitmen kuat akan diwujudkan dengan menetapkan tahun 2019 tahun kunjungan wisata dengan target satu juta kunjungan masuk ke Kota Bitung.

Mewujudkan semua itu, Pemkot Bitung menyiapkan berbagai event setiap bulannya. Mulai bulan Januari lalu digelar Festival Tulude, Februari Festival Peringatan 100 tahun Tangkoko Batu Angus, bulan Maret Pekan Raya Bitung.

Kemudian pada bulan Mei akan dilaksanakan Bitung Music Festival, bulan Juni ada Festival Ketupat, bulan Juli dilaksanakan Festival Tuna, pada bulan September akan dilaksanakan Festival Kuala Girian. Dan pada bulan Oktober dilaksanakan Festival Pesona Selat Lembeh, bulan November dilaksanakan Pekan Olahraga Provinsi Sulut, dan bulan Desember akan dilaksanakan Chrismast Carnaval.

Lanjut walikota Lomban, FPSL merupakan 1 dari 100 Event Wonderful Indonesia 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 6-10 Oktober 2019 dengan tema “Warna-Warni Pesona Bitung” (Colorful Bitung).
Colorful Bitung dikemas sejumlah acara unggulan, antarannya Sailing Pass, Lomba Renang Selat Lembeh, Lomba Lari 10K, Thanks Giving Day, Penanaman Karang, Pameran, Pergelaran Budaya, Festival Kuliner, dan masih banyak lagi acara unggulan lainnya.

Sambutan Gubernur Sulut yang diwakili Sekretaris Provinsi Sulut Edwin H Silangen SE MS mengatakan, Pemprov Sulawesi Utara menyambut antusias sekaligus menyampaikan rasa terimakasih kepada Menteri Pariwisata dan jajaran yang telah mengagendakan Launching Calender of Event 2019 yang akan berlangsung di sejumlah kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Utara.

“Suatu kebanggaan pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara untuk menyelenggarakan event pariwisata di daerah yang didukung penuh oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia,” ungkap Silangen.

Seiring ditetapkannya pariwisata sebagai liding sektor di Indonesia, lanjut Seprov Silangen, pemerintah daerah wajib mendukung pengembangannya melalui program kegiatan yang sinergis dan upaya-upaya bernilai ekonomis guna meraup devisa untuk kesejahteraan masyarakat.(herry dumais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *