oleh

Pariwisata Maju, Kita Harus Menjadi Nyonya & Tuan Rumah Yang Baik

TONDANO, mejahijau.com –  Anggota Komisi X DPR RI dari Partai PDI Perjuangan Vanda Sarundajang melihat peluang dunia pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kian hari terus berkembang

Olehnya, sebagai wakil rakyat asal Dapil Sulut, Vanda perjuangkan Sulut boleh masuk 10 destinasi domestik unggulan pariwisata di Indonesia.

Pariwisata termasuk skala prioritas ketiga secara nasional dimana tahun 2019 berjalan, pemerintah mengalokasikan angaran senilai Rp3,5 triliun.

“Kami akui anggaran pariwisata tahun 2018 dan 2019 masih terpusat pada 10 destinasi unggulan. Dan saya sempat teriak-teriak waktu rapat di DPR RI memperjuangkan Sulut harus masuk 10 destinasi prioritas pariwisata di Indonesia,” tandas Vasung sapaan akrab Vanda Sarundajang pada acara Gerakan Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata Pantai Indah Kalasey Minahasa, Sabtu (30/03/2019) lalu.

Lanjut putri sulung mantan Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang, dia terus berjuang supaya salah satu obyek wisata Sulut masuk 10 destinasi unggulan pariwisata.

Baca juga:  Jenasah Bocah Marchela Dievakuasi Tim SAR

Anggaran akan banyak terserap pada pengembangan ke 10 wisata unggulan, dimana anggaran besar lainnya berada di Deputi Pengembangan Branding Pariwisata.

Untuk masuk ke daftar 10 destinasi unggulan pariwisata, menurut Vasung, itu tidak gampang melainkan dibutuhkan kerja keras stakeholder terkait. Dibutuhkan peran serta dan kerjasama seluruh elemen masyarakat untuk membenahi semua infrastruktur pariwisata. Selalanjutnya syarat lain, dimana masyarakat sekitar obyek wisata harus siap menjadi tuan rumah yang baik.

Masyarakat turut menjadi suporting industri pariwisata dari sisi SDM. Dan terpenting lagi perlunya gerakan sadar wisata dimana masyarakat dapat menjadi Nyonya dan Tuan Rumah yang baik.

Untuk menjadi Nyonyan dan Tuan Rumah yang baik, harus ditunjang gerakan moral dari masyarakat setempat untuk mendukung program pemerintah. Warga juga patut memahami unsur sapta pesona, aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan tenang.

Baca juga:  Kota Bitung Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

Hal yang tak kalah pentingnya, pemerintah diminta harus menyiapkan infrastruktur penunjang kepariwisataan termasuk penyediaan akomodasi berupa hotel, bandara, jalan, pelabuhan, dan infrastruktur lainnya.

“Kementerian pariwisata berupaya keras untuk tagline kita Wonderful Indonesia. Pariwisata kita kemarin terima 30 penghargaan internasional oleh karena decak kagum terhadap pariwisata Indonesia. Dan itu diperoleh manakala melakukan perjalanan keluar negeri, kemudian banyak orang berbicara Wonderful Indonesia,” ungkap Caleg DPR-RI dari PDIP asal Dapil Sulut ini.

Hadir pada acara Gerakan Sadar Wisata di destinasi wisata Pantai Indah Kalasey, antaranya, Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Arianti Prima Restu, ME Widyaiswara, Kadis Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang SE, M.Si, dimoderatori John Pairunan SH.(ferry)

Rangkaian Gerakan Sadar Wisata di Pantai Indah Kalasey, Kabupaten Minahasa yang dimotori Vanda Sarundajang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed