oleh

Isu Strategis Pemilu, Tetty Ajak Ciptakan Demokrasi Berkualitas

Amurang, mejahijau.com – Bupati Dr Christiany Eugenia Paruntu bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se Kabupaten Minsel, Selasa (26/02/2019), membahas sejumlah isu sentral Pemilu Serentak 17 April 2019 mendatang.

“Rapat koordinasi Forkopimda Minsel ini sebagai tindak lanjut dari Rakorda pemantapan pemilu serentak yang dibuka Gubernur Sulut di Auditorium Mapalus, kemarin,” ungkap Tetty Paruntu, sapaan akrab bupati.

Forkopimda Minsel yang hadir antaranya, Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo, Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan, Kejari Minsel I Wayan Eka Miartha, Kepala PN Amurang Romel Tampubolon, Dandim Minahasa Slamet Raharjo, Sekda Minsel Denny Kaawoan, serta Kaban Kesbangpol Minsel Benny Lumingkewas.

Baca juga:  Bawaslu Minsel Tegaskan Tahapan Pilkada Kedepankan Protokol Covid-19

Rapat tersebut membahas seputar pelaksanaan Pemilu Serentak dan potensi-potensi gangguan Kamtibmas pada hajatan tersebut.

Sejumlah masalah yang dibahas antaranya, soal penyebaran isu hoax, isu berbau SARA, adu domba, dan kampanye hitam. Soal berita-berita hoax, Forkopimda Minsel sepakat memaksimalkan dengan sosialisasi UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Juga dibahas potensi ancaman teroris dengan antisipasinya penggalakan Siskamling. Terpapar terkait politik uang, keterlambatan logistik Pemilu, pencoblosan dan perhitungan yang lama, serta adanya pemilih yang belum terdaftar.

“Isu sentral seputar Pemilu ini, Forkpimda Minsel segera berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Minsel. Dan ini tentunya masuk dalam ranah pengawasan atas penyelenggaraan Pemilu itu,” ujar Tetty.

Baca juga:  Hadapi UNBK, Siswa SMP Negeri 2 Tompaso Diwajibkan Setor Rp250 Ribu

Selain itu, mencuat juga soal kemungkinan adanya unjuk rasa anarkis, konflik sosial berbuntut kerusuhan. Sehingga untuk mencegahnya, akan dilakukan deteksi dini kepada pihak-pihak terkait yang menggerakkan massa.

Bupati Tetty Paruntu mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat mensukseskan dan menciptakan Pemilu aman damai dan berkualitas.

“Saya mengajak kita semua untuk ikut mensukseskan Pemilu tahun 2019 ini. Gunakanlah hak pilih kita, dan mari sama-sama ciptakan Pemilu yang berkualitas, aman, nyaman dan tertib,” pungkasnya.(evo kelejan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed