Mantiri: Wawasan Bela Negara Bukan Militerisasi di Lingkungan Pelajar

BITUNG, mejahijau.com – Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri menjadi salah satu Narasumber kegiatan Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi Generasi Milenial untuk Siswa SMA dan SMK kota Bitung, Senin(14/01/2019).

Kegiatan yang digelar di SMA Negeri 1  Girian, kota Bitung, selain Wakil Walikota Bitung juga dihadiri Asisten I Pemprov Sulut Edison Humiang dan Anggota DPRD Sulut Adriana Dondokambey.

Kesempatan itu Wakil Walikota Maurits Mantiri menyatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi tentang esensi Bela Negara sesungguhnya.

Dia mengharapkan, generasi milenial dapat menerapkan pengetahuan  dan keterampilan Bela Negara di dalam aktifitas sehari-hari sesuai kapasitas para siswa.

“Jika sudah mengerti dan mampu melakukannya, nanti bisa ditularkan kepada semua teman-temannya,” jelas Mantiri.

Selain itu, para siswa-siswi dapat memberikan kontribusi terhadap upaya menciptakan ketahanan di lingkungan masing-masing, serta dapat menjadi bagian dari komponen rakyat dan terlatih dalam mendukung tergelarnya Sistem Pertahanan Rakyat Semesta.

Lanjut dikatakan, generasi milenial sekiranya dapat menjadi kader yang mampu mengembangkan Bela Negara di lingkungan dimana  pengetahuan dan keterampilan yang telah diterima saat ini dapat membekali para siswa menjadi generasi penerus yang akan menerima estafet kepemimpinan bangsa dan negara di masa depan.

Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, tambah Mantiri, sesuai amanat pasal 30 UUD 1945 tidak diartikan sebagai bentuk militerisasi di lingkungan pelajar.

Namun semata salah satu upaya meningkatkan pemahaman tentang substansi Bela Negara kepada seluruh warga negara termasuk didalamnya para pelajar.

“Upaya kongkritnya perlu dibangun dalam berbagai lingkungan kehidupan masyarakat, termasuk di  lingkungan sekolah. Dengan begitu, hak dan kewajiban bela negara benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap warga negara,” urai Mantiri.(herry dumais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *