oleh

Bitung Rumah Bersama, Harus Dijaga dari Ancaman Kerusakan Lingkungan Hidup

BITUNG, mejahijau.com – Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri membuka Sosialisasi Pengelolaan Lingkungan Terhadap Para Pelaku Usaha Di Kota Bitung, bertempat di Ruang Sidang Lantai 4 Kantor Walikota Bitung, Rabu (23/01/2019).

Sambutannya Mantiri mengatakan, hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat adalah hak asasi sebagaimana diatur UUD 1945.

“Undang-undang nomor 32 tahun 2009 juga diatur bahwa setiap orang  berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat,” kata Mantiri.

Ada beberapa prinsip good governance yang menjadi dasar pelibatan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup yang berbasis pada hak.

Baca juga:  Mantiri: KPRS GMIM Bertumbuh Lebih Baik

“Kewajiban dan peran masyarakat serta prinsip partisipasi masyarakat, prinsip transparansi, dan prinsip kesetaraan,” urainya.

Diungkapkan soal dasar pelibatan masyarakat termasuk para pelaku usaha dalam pengelolaan lingkungan hidup  adalah berdasarkan pasal 2 UU Nomor 32 tahun 2009, yang mengatur mengenai asas-asas perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Aturan-aturan tersebut dibuat agar supaya kita termotivasi untuk bersama-sama melestarikan lingkungan hidup. Lingkungan Hidup adalah rumah kita bersama!,” tegas Ketua DPC PDIP Kota Bitung ini.

Baca juga:  Lagi, Pemkab Mitra Sodorkan Beasiswa kepada Mahasiswa Studi Akhir

Mantiri berharap sosialisasi kali ini dapat berjalan baik, dan semua pihak bersinergi untuk membuktikan komitmen bersama mewujudkan Kota Bitung sebagai kota yang berwawasan lingkungan.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Bitung, Perwakilan dari perusahaan-perusahaan, pelaku-pelaku usaha, Kepala-kepala Puskesmas, Perwakilan RS Budi Mulia Bitung, RS Angkatan Laut Dr Wahyu Selamet.(herry dumais)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed