oleh

Istri Walikota Bitung Beri Contoh Belanja tanpa Kantong Plastik

BITUNG, mejahijau.com – Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung, Selasa (04/12/2018), mengunjungi pasar Tradisional Winenet, Kecamatan Maesa, Kota Bitung.

Khouni terlihat menggunakan tas belanja yang dapat digunakan kembali. Ia seperti enggan memakai tas plastik yang disediakan penjual.

Sembari berbelanja, Khouni menyosialisasikan gerakan Pemerintah Kota Bitung “Diet Kantong Plastik, serta Bitung Go Green, Less Plastic City”.

Pun sosialisasi bertujuan untuk mengurangi tumpukan sampah plastik yang menjadi salah satu masalah penting di dunia saat ini.

“Plastik menjadi musuh lingkungan yang belum banyak diketahui orang. Kalaupun tahu, kebanyakan memilih untuk tidak peduli, atau pura-pura tidak tahu,” ungkapnya.

Baca juga:  Tetty Minta Kapal Pelra Utamakan Keselamatan Penumpang

Dijelaskan Khouni, dari balik kemudahan menggunakan tas plastik, tersimpan bahaya yang sangat menyeramkan. Bahan-bahan plastik kebanyakkan mengandung racun yang tak hanya merusak tanah, tapi juga organ tubuh manusia.

“Ketika dibuang, kantong plastik butuh waktu ratusan tahun untuk bisa diurai dengan tanah. Selama waktu yang panjang itu, plastik akan mencemari tanah,” jelasnya.

Menurutnya, dengan membawa tas belanja sendiri dari rumah, kita tentu sudah berpartisipasi mengurangi penumpukan sampah plastik.

Baca juga:  Machmud Turuis Kembali Jabat Direktur Pemasaran PT BSG

Di pasar tradisional itu, istri tercinta Walikota Bitung ini terlihat aktif menyuarakan anti sampah plastik. Itu dilakukan kepada bukan saja kepada para penjual, namun kepada warga yang mendatangi Pasar Winenet lainnya.

Khouni berpesan betapa pentingnya diet tas plastik dan manfaat selalu menjaga kebersihan lingkungan dimana saja kita berada.

Aktivitas istri Walikota Bitung Maxmilian J Lomban ini, terbilang eksis mengkampanyekan keselamatan lingkungan hidup di wilayah Kota Pelabuhan tersebut.(herry dumais)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed