oleh

Nasdem Target Menumbangkan Hegemoni PDIP Sulut

AIRMADIDI, mejahijau.com – Komposisi Partai Nasdem (Nasional Demokrat) tampil prima menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Menyusul pengukuhan kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Markas Nasdem Sulut, Kairagi, Manado, Jumat (23/11/2018).

Sejumlah orang kuat di Sulut hadir, antaranya GS Vicky Lumentut (Walikota Manado, Tatong Bara (Walikota Koamobagu), Yasti Soepredjo (Bupati Bolmong, Vonni Anneke Panambunan (Bupati Minut), Mokhtar Parapaga (Wakil Bupati Talaud terpilih), Felly Runtuwene (DPRD Sulut, serta Maxmillian Lomban (Walikota Bitung) selaku Ketua DPW Partai Nasdem Sulut.

Sejumlah sumber berspekulasi, tampilan prima Partai Nasdem sekarang ini merupakan tanda awas bagi PDIP dan Golkar di daerah ini.

“Ini bisa saja menjadi warning keras bagi partai-partai besar seperti PDIP dan Golkar. Sebab komposisi Partai Nasdem sekarang tujuan singkatnya mendominasi kursi parlemen melalui pemilihan legislatif 2019 nanti,” ungkap pengamat sosial politik, Jack Sumerar kepada sejumlah wartawan, Sabtu (24/11/2018.

Baca juga:  Pengadilan Cabut "Travel-Ban" Donald Trump

Lanjut dikatakan, geopolitik Sulawesi Utara terbilang sudah dikuasai partai besutan Surya Paloh itu. Mulai dari Nusa Utara ada dua sosok potensial yakni Elly Lasut dan Mochtar Parapaga.

Kemudian Bolmong Raya bercokol politisi Yasti Soepredjo dan Tatong Bara, bahkan pusat pemerintahan dan ekonomi yakni Kota Manado sebagai Ibukota Provinsi Sulut kini dikuasainya.

Maping ini ril bukan mengada-ada. Jadi jangan heran kalau kesiapan Partai Nasdem kemudian menjadi target untuk menumbangkan dominasi PDIP dan Golkar di kursi parlemen baik di kabupaten kota maupun provinsi,” ungkapnya.

Menurut dia, jika Nasdem memiliki taget menumbang dominasi PDIP dan Golkar, dalam dunia politik itu sah-sah saja.

Yasti Soepredjo Mokoagow mewakili Ketua Umum Surya Paloh melantik kepengurusan GS Vicky Lumentut sebagai Ketua DPD Nasdem Kota Manado dan kepengurusan DPD Nasdem Kabupaten Minahasa Utara yang diketuai Vonnie Anneke Panambunan.

Yasti Soepredjo dalam arahannya menyampaikan strategi pemenangan partai, salah satunya dengan cara merebut suara-suara dari enam kabupaten kota yang memiliki jumlah pemilih terbanyak.

Baca juga:  Mantiri: KPRS GMIM Bertumbuh Lebih Baik

Partai Nasdem memiliki struktur yang jelas hingga ke desa-desa dan kelurahan. Pun enam daerah yang memiliki kantong suara terbanyak, yakni Kotamobagu, Bolmong, Manado, Minut, Bitung ditambah Kabupaten Talaud dimana hampir dipastikan Bupati Talaud terpilih Elly Lasut akan bergabung ke Nasdem.

“Target kita ke DPR RI berubah dari satu kursi menjadi dua kursi. Jika kita semua bekerja keras, saya optimis Nasdem Sulut mampu,” kata Yasti.

Ia optimis Partai Nasdem meraih kursi signfikan pada pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang. Lima kepala daerah yakni, Kota Manado, Minut, Bitung, Bolmong, Kotamobagu, dan Talaud mengoleksi 50 persen penduduk se Provinsi Sulut.

“Kepala daerah merupakan kartu Joker dalam filosofi kartu remi. Namun caleg harus tetap memiliki dasar seperti massa jelas, program, integritas, dan dikenal baik oleh masyarakat,” pungkas mantan Anggota DPR RI dari Partai PAN ini.(arya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed