oleh

Walmart AS Jual Kelapa Biji Rp 28 Ribu

MANADO, mejahijau.com – Harga kelapa satu batok kelapa di Kota Manado diperjual-beli seharga Rp 4000, sangat jauh berbeda dengan harga di Amerika Serikat.

Sebutir kelapa ukuran kecil pada pajangan di Walmart di negeri Uncle Sam, harganya dijual 1,88 dolar atau sekitar Rp 28 ribu dibanding di Pasar Bersehati seharga Rp 4000 per butir.

Perusahaan yang bergerak di bidang pengoperasian jaringan department store berkantor pusat di Bentonville, Arkansas itu, menjajakan kelapa biji didatangkan dari Philipina dan Thailand, bukan dari Manado, Indonesia.

“Selisihnya sekitar 700 persen. Dan angka itu sangat jauh berbeda,” ungkap Ketua Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) Provinsi Sulut, Victor Jouke Lolowang kepada mejahijau.com, Senin (10/11/2018).

Baca juga:  Perjamuan Saguer

Keras LCKI Sulut mempertanyakan, kenapa Amerika Serikat tak mendatangkan kelapa dari Sulawesi Utara. Padahal Sulut salah satu daerah penghasil kelapa terbesar di Indonesia.

“Berarti ada yang salah disini. Dan harga satu batok kelapa di Walmart itu merupakan bukti kalau kelapa mempunyai harga tinggi di luar negeri,” tandasnya.

Salah satu Lapak di Walmart Amerika Serikat yang menjual kelapa biji.

Lanjut dikatakan, dari selisih harga kelapa 700 persen selayaknya diteliti pihak terkait kenapa hal itu bisa terjadi. Kalau kita kesulitan pasar di Amerika Serikat, sekiranya dapat ditempuh lobi-lobi perdagangan oleh pemerintah.

Baca juga:  Reses Yanti Kumendong Terungkap Pemkot Manado Lamban Tangani Covid-19

“Dibutuhkan lobi perdagangan oleh pemerintah supaya nasib petani kelapa tidak miskin terus,” cetusnya.

Walmart mirip Indomaret-nya Indonesia merupakan pengecer kelontong terbesar di Amerika Serikat dengan 10.800 gerai di 27 negara.

Survei pasar Lucky Mangkey yang diposting melalui akun facebook-nya, satu batok kelapa ukuran kecil di Walmart Amerika seharga 1.88 Dollar AS atau setara Rp 28.000 per butir kelapa.(vanny)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed