oleh

Pers Cerdaskan Kehidupan Bangsa

MANADO, mejahijau.com – Pers memegang peranan penting sebagai salah satu unsur penting negara dan pemerintahan yang demokratis.

Hal itu disampaikan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey SE yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan dan Humas, Jemmy Kumendong pada Gathering Media Massa yang dilaksanakan di Manado, Jumat (02/11/2018) petang.

“Patutlah kita bangga dan bersyukur, karena hingga kini media massa dan pers sudah semakin maju dan berkualitas. Kebebasan pers dan demokrasi semakin kita rasakan. Dan hal ini turut dikontribusikan oleh kerja keras para media massa,” ujar Kumendong.

Menurutnya, pers yang bebas tidak bisa dilepaskan dari sejumlah tanggung jawab didalamnya. Antaranya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, memperkokoh persatuan dan kesatuan, membentuk kepribadian bangsa, serta mengupayakan keamanan hak pengguna sarana dan prasarana informasi dan komunikasi.

Baca juga:  Surat Cuti Vonnie Paling Terlambat, Tetapi Disahkan Gubernur Olly

Lanjut dikatakan, peranan penting dari pers dalam memenuhi hak masyarakat Sulut untuk mengetahui dan mengembangkan pendapat umum, dengan menyampaikan informasi yang tepat, akurat dan benar.

“Hal inilah yang mendorong ditegakkannya keadilan dan kebenaran dalam rangka mewujudkan supremasi hukum menuju masyarakat yang tertib,” kata Kumendong.

Ia menerangkan fungsi penting yang dimainkan media massa sebagai media komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat mengenai kebijakan-kebijakan yang akan dan telah ditetapkan.

“Sekaligus juga sebagai sarana input dari masyarakat kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, sehingga mewujudkan komunikasi yang efektif dalam mencapai landasan bagi terjalinnya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah,” imbuhnya.

Agenda acara kemudian diisi dengan sesi penyampaian materi tentang administrasi dan membahas Unit Layanan Administrasi (ULA) Pemprov Sulut dengan narasumber Kepala Biro Umum Setda Provinsi Clay June Dondokambey.

Baca juga:  Elly Lasut ‘Diseruduk’ Keputusan Mahkamah Agung

Sementara Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulut Victor Rarung menyampaikan materi urgensi media online dan sistematika penulisan.

Ia mengungkapkan, kemajuan teknologi dengan massivenya akses internet telah mengubah cara masyarakat mengkonsumsi informasi melalui media online.

“Demikian strategisnya peran media online, maka saya mengajak rekan pers untuk meningkatkan kualitas media online baik materi maupun sistematika penulisan berita,” kata Rarung.

Data per Januari 2018, dari populasi tanah 265.4 juta penduduk, sebanyal 132.7 juta di antaranya pengguna internet aktif. Dan sebanyak 18% pengguna mengakses berita melalui smartphone.(hps/arya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed