oleh

Pemprov Memaksimalkan Sumber Enerji Terbarukan Lainnya

AMURANG, mejahijau.com – Pemerintah provinsi Sulawesi Utara (Sulut), akan berusaha mencari sumber-sumber enerji terbarukan yang dimiliki daerah untuk mendirikan pembangkit listrik yang lebih bagus.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Steven Kandouw pada peresmian Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 Amurang 2×30 Mega Watt di Jalan Trans Sawsai Desa Tawaang, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, Rabu (03/10/2018), siang.

“Kita akan berusaha mencari sumber-sumber energi terbarukan yang lebih banyak dan pembangkitnya lebih bagus,” ujar Wagub Kandouw.

Lanjut dikatakan, Pemprov Sulut salut kepada para stakeholder terkait sehingga PLTU ini bisa beroperasi.

“Salut kepada Kementerian ESDM, PLN, Investor, dan Pemkab Minsel yang sudah memperlihatkan kerjasama yang luar biasa sehingga PLTU ini boleh beroperasi,” katanya.

Lanjut dikatakan, dampak dari ketambahan enerji listrik ini, rakyat, pemerintah, dan investor akan semakin aman, nyaman, dan betah berada di Sulut.

Selanjutnya, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Andy Noorsaman Sommeng mengatakan, pemerintah pada dasarnya terus mendorong penggunaan energi terbarukan untuk pengadaan daya listrik.

“Target kita seluruh Sulawesi, bisa terkoneksi sehingga tidak ada lagi persoalan energi listrik. Dan kita berusaha bisa menggunakan energi terbaru yang terbarukan. Khusus Sulut porsi energi terbarukan sudah mencapai 45 persen,” ungkap Andy.

Sementara Kepala Devisi Konstruksi PLN Regional Sulawesi Didik Mardianto mengatakan, PLN berterima kasih karena PLTU ini bisa mengurangi ketergantungan penggunaan bahan bakar minyak.

Sebagai tanda mulai beroperasinya PLTU 2 Moinit Amurang, Wagub Steven Kandouw bersama Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dr Ir Andy Noorsaman Sommeng DEA, Bupati Minsel Chrisftiany Eugenia Paruntu, serta pejabat lainnya menekan tombol secara bersama.

Turut pada acara tersebut, Anggota DPR RI Bara Hasibuan, Moh Romahurnuziy, Dirut PT MDT Lee Seung Se, CEO of KOEN Lyu Hyang-reol, pejabat eselon 2 lingkup Pemprov Sulut, serta tamu dan undangan lainnya.(vanny)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed