oleh

BMI Peringatkan Aroma Makar dari Aksi Ganti Presiden 2019

MANADO, mejahijau.com – Rencana aksi demo Ganti Presiden 2019 di Kota Manado, mendapat warning keras dari organisasi adat Brigade Manguni Indonesia (BMI).

Hal itu diungkapkan Sekjen (Sekertaris Jenderal) BMI Novie Kolinug SH saat menghubungi wartawan mejahijau.com via telpon selular, Minggu malam (02/09/2018).

“Aksi demo Ganti Presiden 2019 itu tindakan makar yang harus diwaspadai. Gerakan ini sudah jelas-jelas kampanye, dan tidak masuk dalam tahap Pemilu. Jelas ini sudah melanggar aturan negara!,” ujar Sekjen BMI Novie Kolinug SH.

Lanjut diuraikan kenapa gerakan tersebut harus diwaspadai. Alasannya karena Presiden RI Joko Widodo mutlak masih berkuasa secara konstitusional. Dimana kekuasaan itu diberikan oleh rakyat hingga batas waktu masa jabatan. Lalu kemudian kenapa di tengah jalan ada gerakan provokatif ganti presiden seperti itu.

“Ini sangat provokatif. Gerakan Ganti Presiden 2019 ini adalah bentuk penghasutan rakyat supaya bersama-sama ‘memberontak’ sekaligus menurunkan presiden. Jelas ini inkonstitusional. Gerakan ini berbau makar, jadi harus diwaspadai,” tandasnya.

Kolinug yang juga profesi pengacara ini mengatakan, BMI tidak akan membiarkan aksi seperti itu dilaksanakan di daerah ini. Apalagi itu hanya kemauan segelintir elit politik yang tak mewakili rakyat banyak.

“Hanya kemauan segelintir elit politik saja. Silahkan catat, BMI tidak akan tinggal diam!,” pungkasnya.

Seperti pemberitaan sebelumnya, rencana demo Ganti Presiden 2019 di Manado diungkapkan Aswin Kasim selaku kordinator di Kota Manado.

Aksi demo 2019 Ganti Presiden, kata Aswin, adalah aksi damai untuk menyampaikan pendapat dan dilindungi undang-undang. Apalagi aksi demo yang akan digelarnya akan berlangsung santun tanpa kekerasan, dan tidak akan ada ucapan-ucapan fitnah.

“Tidak ada ucapan-ucapan fitnah dan tidak ada tindakan kekerasan dari pendemo. Melainkan kami akan memberikan pemahaman dan pengetahuan yang wajib diketahui oleh masyarakat,” urai Aswin.

Soal kapan dan lokasi rencana aksi demo Ganti Presiden 2019, pihaknya belum dapat memastikannya.

“Yang pasti”, kata dia, dalam waktu dekat ini di Kota Manado.(vanny)

BERITA TERKAIT:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed