oleh

Aplikasi ZPAN Tingkatkan Tangkapan Nelayan Manado

MANADO, mejahijau.com – Upaya pemerataan kesejahteraan terus dilakukan Pemerintah Kota Manado. Giliran para nelayan yang mendapat perhatian khusus lewat peluncuran aplikasi berbasis android yang dikelola Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom).

“Sudah kita launching pada peringatan HUT Kota Manado tanggal 14 Juli 2018, sebuah aplikasi yang kita beri nama ZPAN,” ungkap Kadis Infokom Kota Manado, Erwin Kontu kepada wartawan.

Dijelaskan, cara kerja aplikasi SPAN atau zona penangkapan ikan berbasis web, adalah memberikan kemudahan kepada para nelayan menemukan spot-spot yang banyak ikan.

Baca juga:  Bank SulutGo Tepis RKUD Pemkot Manado ‘Terbang’ ke BRI

Lewat aplikasi ini, para nelayan dengan mudah mengetahui lokasi-lokasi ikan di laut sehingga ketika hendak melaut mereka sudah bisa langsung ke spot yang sudah diinformasikan aplikasi.

Ia berharap, lewat aplikasi ini akan berimbas pada meningkatnya hasil tangkapan para nelayan di pesisir pantai teluk Manado.

“Ujung-ujungnya, kita juga berharap kesejahteraan para nelayan akan ikut meningkat,” kuncinya.

Baca juga:  Tokoh Masyarakat Sulawesi Utara Deklarasikan “ODSK Lagi”

Terpisah Ance Areros, salah satu nelayan berdomisilih di Kelurahan Tumumpa mengaku senang dengan hadirnya aplikasi tersebut.

Namun di satu sisi dirinya tidak menampik jika belum paham benar menggunakan ponsel android.

“Bagi kami yang paling pokok adalah sosialisasi, sehingga program ini bisa benar-benar kami gunakan dan bermanfaat. Karena percuma ada aplikasi begitu kalau tidak semua nelayan tahu cara mengoperasikannya,” ujar lelaki yang murah senyum ini.(*arya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed