oleh

Mewoh Boyong 227 Hukumtua Ikut Bimtek Manajemen Pemerintahan Desa

TONDANO, mejahijau.com – Sedikitnya 227 hukumtua di Kabupaten Minahasa kini tak berada di tempat. Dikabarkan mereka sedang berangkat ke luar daerah guna mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Bagi Penyelengaraan Pemerintahan Desa di Hotel Oasis Amir, Jalan Senen Raya, Jakarta.

Adapun kegiatan bimbingan teknis (bimtek) yang diprakarsai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa ini berlangsung selama 3 hari, yakni Selasa (24/07/2018) hingga Kamis (26/07/2018) yang dibuka langsung Penjabat Bupati Drs Royke H Mewoh DEA.

Baca juga:  Roy Mewoh 'Minggat' dari Kantor Bupati Minahasa

Hajatan Bimtek mengangkat tema tentang ‘Management Pemerintahan Desa’, menurut Mewoh, tujuannya untuk peningkatan kapasitas bagi penyelenggara pemerintahan desa masih perlu mendapat perhatian khusus para hukumtua se Kabupaten Minahasa.

“Mudah-mudahan kegiatan bimtek ini, para hukumtua lebih memahami apa itu kebijakan pemerintah tentang desa,” tandas Mewoh.

Ditambahkannya, kegiatan ini pula diharapkan para hukumtua mengetahui manajemen pemerintahan desa dalam aspek perencanaan, pengawasan, kelembagaan, dan keuangan desa, serta bagaimana menyusun pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Baca juga:  Diduga Kriminalisasi Warga, Abid Takalamingan Kritisi Kinerja Polsek Tuminting

“Apa yang didapat dari kegiatan ini bisa bermanfaat bagi hukumtua untuk dapat diterapkan dalam tugas sehari-hari. Sehingga fungsi pelayanan pemberdayaan dan pembangunan di desa dapat berjalan optimal sesuai yang direncanakan dan diharapkan,” tutupnya.

Terpisah Kepala Dinas PMD Minahasa Djefri Sumendap Sajow mengatakan, para peserta bimtek mendapatkan materi menyangkut tata kelola pemerintahan untuk kesejahteraan. Mereka juga nantinya akan melakukan studi lapangan di Kota Bogor.(*arya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed