oleh

Brigade Manguni Indonesia Tidak Menyumbat Hak Politik

MANADO, mejahijau.com – Organisasi adat Brigade Manguni Indonesia (BMI) tidak terlibat pada politik praktis. Namun kalau ada kader-kader organisasi yang terlibat dalam dunia politik, sama sekali tidak ada pelarangan dari BMI.

Hal itu diungkapkan Sekertaris Jenderal (Sekjen) BMI Novie Kolinug SH di markas BMI Malalayang, Kamis malam (19/07/2018), saat meninjau kesiapan DPD BMI Kota Manado dalam menyukseskan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Tonaas (DPT) BMI 27 Juli 2018.

“Secara kelembagaan Brigade Manguni Indonesia bukan organisasi politik. Kita (BMI) adalah organisasi adat yang tugasnya antara lain menjaga adat dan budaya serta kearifan lokal daerah,” ujar Kolinug.

Didampingi Walian Donald Moselman, juga ditegaskan Sekjen BMI Novie Kolinug, soal sikap politik seseorang dalam organisasi adat Minahasa itu tidak ada yang melarangnya. Melainkan setiap individu bebas menggunakan hak-hak politiknya.

Baca juga:  Perkuat GABSI Sulut, Ini Harapan Joune Ganda dari Victor Rarung

Hanya saja, lanjut dia, jangan sekali-kali menggunakan nama atau atribut BMI untuk kepentingan politik seseorang maupun lembaga politik tertentu. Sebab patut dingat, pengurus dan anggota BMI diantaranya berada pada irisan warna-warni partai politik.

“Dan saya tau ada beberapa yang hadir disini calon anggota legislatif, Silahkan saja, itu adalah hak karena tidak ada pelarangan dari BMI. Namun sangat diharapkan tidak membawa-bawa nama BMI dalam kancah politik praktis,” tandas pengacara ini.

Diakuinya, memang banyak pengurus dan anggota BMI yang berkutat di dalam warna-warni partai politik dari PDI-Perjuangan, Golkar, Demokrat, Nasdem, Hanura, PAN dan partai lainnya.

“Karena kita ada diantaranya yang berada dalam partai politik, maka kita harus santun dan mampu membawa diri. Untutk itulah kita berada dimana-mana, tetapi tidak kemana-mana, sebab kita hanya tetap berada di BMI saja,” tandas Kolinug sembari mencontoh sikap blunder beberapa tahun silam pernah dilakukan organisasi tersebut.

Baca juga:  Plate: Pindahnya GSVL Harusnya Demokrat Refleksi..!

Sementara itu, ditambahkan Walian Donald Moselman, demi kemaslahatan BMI kedepan sebaiknya semua yang tergabung dalam organisasi sama-sama menjaga nama baik organisasi serta melakukan hal-hal yang positif di mata masyarakat.

Sekjen Kolinug dan Walian Moselman sekalian mengecek satu per satu kesiapan DPD BMI Kota Manado dalam rangka menyukseskan pelantikan DPT BMI di lapangan Sparta Tikala Manado 27 Juli 2018.

Hadir saat rapat tersebut, Tonaas BMI Kota Manado Batara Rocky Ronoko serta para walak dan wanua se Kota Manado.(arya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed