oleh

Ivansa-CNR Janji Lindungi Petani Captikus

TONDANO, Meja Hijau – Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Minahasa 2018, Ivan Sarundajang dan Careig Naichel Runtu SIP (Ivansa-CNR) janji  akan tingkatkan kesejahteraan petani termasuk ‘melindungi’ nasib petani captikus.

“Kami pasangan calon yang tidak setuju kalau captikus produk tradisional Minahasa dihentikan produksinya,” ujar Careig saat orasi politik pada kampanye terbatas di Auditorium GMIM Paulus Winebetan, Kecamatan Langowan Selatan, baru-baru ini.

Careig mengatakan, pemerintahan Ivansa-CNR apabila terpilih akan memproteksi petani captikus yang terbilang banyak di Minahasa, terutama di Kecamatan Langowan Selatan dan sekitarnya.

Baca juga:  Polres Sangihe Tingkatkan Pengamanan Hingga Perbatasan

“Kita akan buat captikus, tidak hanya dikonsumsi masyarakat tetapi juga dapat dikonsumsi para turis yang datang ke daerah ini nanti,” ujar Ketua DPD II Partai Golkar Minahasa ini.

Ia mengaku, captikus memang kerap pemicu tindak kriminalitas di wilayah Polda Sulawesi Utara (Sulut). Namun bukan petani yang salah melainkan mereka yang mengkonsumsi secara berlebihan.

“Jadi kita akan buatkan regulasi berupa Perda untuk mengatur (kadar) produksi sampai pemasarannya agar para turis bisa ikut mengonsumsi captikus,” jelas Careig yang tampil gemilang.

Baca juga:  ROR-RD Teratas, Ivan Sebut Pertandingan Belum Selesai

Ditegaskan lagi, pemerintahan Ivansa-CNR tidak akan pernah melarang petani memproduksi captikus. Sebab banyak petani captikus berhasil menyekolahkan anak mereka hingga menjadi pejabat berhasil.

Putra mantan Bupati Minahasa 2003-2013 Drs Stevanus Vreeke Runtu (SVR) ini menyarankan, masyarakat dapat mengendalikan diri dan membatasi mengkonsumsi miras secara berlebihan hingga mengganggu Kamtibmas.(arya)

BERITA TERKAIT:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed