Peringatan Hari Lahir Pancasila di Polda Sulut Berlangsung Khidmat

MANADO, Meja Hijau – Seluruh jajaran kepolisian lingkup Polda Sulawesi Utara (Sulut), Jumat pagi (01/06/2018), laksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila.

Wakil Kepala Polda (Wakapolda) Sulut, Brigjen Pol Johni Asadoma bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), dan Komandan Upacara (Danup) dilaksanakan AKBP Iwan Permadi.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Irup Brigjen Asadoma menerangkan, Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945.

Kemudian dituangkan jelas pada Piagam Jakarta 22 Juni 1945, dan selanjutkan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi bintang pemandu seluruh rakyat dan bangsa Indonesia. Pancasila mampu gogoh bertahan dan bertumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggeser posisinya.

Pancasila sebagai landasan pijakan negara Indonesia, kemudian sudah menjadi rumah kita bersama seluruh rakyat Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

“Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita. Melalui perenungan, pergulatan pemikiran, dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia,” ujar Wakapolda Brigjen Asadoma saat membaca sambutan Presiden Joko Widodo.

Lanjut dikatakan, Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Adalah tugas dan tanggungjawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita,” tambah dia.

Kesempatan ini, presiden juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita.

“Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” pungkasnya.

Upacara tersebut, diikuti para Pejabat Utama Polda Sulut bersama seluruh anggota dan pegawai negeri sipil di lingkungan Polda Sulut.

Upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018 ini berlangsung secara tertib, aman, dan penuh khidmat.

Meskipun sempat diguyur hujan ringan, namun keengganan cuaca itu tak menggoyahkan hajatan nasionalisme tahunan kali ini. (arya)

BERITA TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *