oleh

Ketumbar Ampuh Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

KETUMBAR dikenal salah satu jenis rempah penunjang penyedap rasa masakan. Selain murah, ketumbar mudah diperoleh dari pasar tradisional dan di warung-warung.

Ternyata ketumbar dapat memberi manfaat besar bagi kesehatan manusia. Semisal darah tinggi yang merujuk pada kondisi tekanan darah pada seseorang. Darah tinggi atau hipertensi gejala dimana tekanan darah pada pembuluh darah bersih mengalami peningkatan.

Diketahui, tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala yang jelas, namun menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Ketumbar salah satu yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Ketumbar (coriandrum sativum) merupakan adalah rempah populer dari Eropa Selatan. Buahnya biasa digunakan sebagai bumbu pelengkap rasa masakan.

Ketumbar memiliki banyak kandungan obat. Kandungan tersebut antara lain sabienne, myrcene, A-terpinene, ocimene, lnalool, geraniol, dekanol, desilaldehida, trantridecen, asm petroselinat, asam oktadasenat, D-mannite, skopoletin, P-simena, kamfena dan felandren.

Ternyata ketumbar dapat digunakan sebagai obat tradisional penurun tekanan darah pada penderita hipertensi.

Baca juga:  Dinkes Manado Prihatin Pecandu Narkoba Bertambah

Mendapatkan manfaat ketumbar untuk menurunkan tekanan darah tingi, Anda dapat meracik ramuan dengan resep sebagai berikut.

Siapkan ketumbar sebanyak ¼ kg, dicuci bersih. Rebus ketumbar dalam air hingga mendidi. Anda dapat juga merebus air ketumbar dengan tambahan daun seledri.

Apabila air rebusan ketumbar telah berubah warna menjadi kecoklatan, angkat air rebusan ketumbar dan saring untuk membuang ampas rebusan.

Minumlah air rebusan ketumbar secara rutin. Anda dapat meminum air rebusan ketumbar dalam keadaan dingin yang disimpan dari lemari es.

Belum banyak diketahui orang, jika air ketumbar memberi manfaat kesehatan oleh karena kandungan gizinya dengan sebelas komponen minyak atsiri, enam jenis asam (termasuk asam askorbat, atau vitamin C), serta sejumlah mineral dan vitamin yang menyehatkan tubuh.

Baca juga:  Virus Corona Tak Pengaruhi UNBK di Kabupaten Minahasa

Anda dapat meminum air ketumbar sebanyak 1 kali sehari secara rutin. Ada baiknya konsumsi air ketumbar dihentikan sementara apabila tekanan darah Anda sudah turun atau stabil.

Selain dapat mengatasi tekanan darah tinggi, ketumbar juga dapat mengobati sakit jantung dan mengontrol kadar kolesterol.

Beberapa asam yang terkandung dalam ketumbar sangat efektif mengurangi kadar kolesterol dalam darah Anda. Ketumbar juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol yang sehat (HDL) yang bekerja sebagai pertahanan terhadap sejumlah kondisi yang berbahaya lainnya.(*)

BERITA TERKAIT:

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed