oleh

Setiap Desa di Kabupaten Talaud Kelola Rp 1,1 Miliar

MELONGUANE, Meja Hijau – Untuk mendongkrak pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di 142 desa se Kabupaten Kepulauan Talaud, pemerintah daerah melalui APBD Talaud 2018 mengalokasikan anggaran yang tidak sedikit.

Hal itu diungkapkan Plt Bupati Petrus Simon Tuange pada sosialisasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se Kabupaten Talaud di Aula BKPSDM tentang, Selasa (22/05/2018).

Untuk maksud mendongkrak pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan itu, pemerintah pusat mengalokasikan belanja untuk perdesaan mencapai Rp98 miliaran pada tahun 2018 ini.

Menurut regulasi, kata Plt Bupati Tuange, Pemda harus mengalokasikan dana desa sebesar 10 persen atau sekitar Rp50 miliaran dari dana APBD tahun 2018.

“Dengan begitu nilai transfer yang akan diterima kepada 142 desa se Kabupaten Talaud, setiap desa akan mengelola dana sebesar Rp1,1 miliar tahun 2018 ini,” ungkap Tuange.

Baca juga:  Bupati Minahasa Sambut Kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten Sehat

Menurutnya setiap desa mengelola Rp1,1 miliar terhitung cukup besar. Sehingga diperlukan pengelolaan yang baik, transparan, dan akuntabel setiap kepala desa beserta perangkatnya.

“Dan juga dibutuhkan pengawasan yang melibatkan seluruh masyarakat desa,” tegas mantan Wakil Bupati berpasangan dengan Bupati Sri Wahyumi Manalip ini.

Plt Bupati Tuange berharap semua kepala desa dan perangkat desa yang hadir sosialisasi sekiranya serius menyerap semua ilmu yang dipaparkan para narasumber. Apa yang dipelajari nantinya dapat diaplikasikan pada pengelolaan anggaran di desa masing masing.

Pun tujuan dilakukan sosialisasi kali ini, menurut Kepala BPKAD Gustaf Atang, guna memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada kepala-kepala desa dan perangkatnya dalam mengelola keuangan di desanya.

Baca juga:  Pengadaan PLTS di Pulau Sara'a Diduga Sarat Masalah

“Pengelolaan keuangan dan aset desa penting untuk dipahami sehingga alokasi dana desa (dana transfer) dan ADD dari pemerintah kepada 142 desa, benar-benar mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa,” jelas Kepala BPKAD Pemkab Talaud ini.

Hadir pada sosialisasi, antara lain Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sulut, Kasie Pembinaan Pelaksana Anggaran II Moh Hatta Hasanudin, Kasie PSAPD Bidang PAPK Eko Widaryono, serta dihadiri sejumlah Kepala Badan/Dinas, dan Para Camat serta Kepala – kepala desa.(andi pusut)

BERITA TERKAIT:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed