oleh

Letkol Setiawan Optimis Warga Talaud Mampu Swasembada Pangan

MELONGUANE, Meja Hijau – Terobosan Kodim 1312 Kabupaten Talaud bersama jajaran yang terus intens memanfaatkan lahan tidur mendapat dukungan kuat dari warga masyarakat selaku pemilik lahan.

Pun tujuan TNI-AD tak lain untuk mendukung program pemerintah daerah guna mencapai swasembada pangan khususnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud.

Hal itu diungkapkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Danramil 1312-02/Lirung, Serka Will Briner Bee kepada wartawan mejahijau.co.id di ruang kerjanya, baru-baru ini.

“Melalui kami dari Koramil 1312-02/Lirung, lahan tidur di ruas jalan Lirung–Moronge kini dalam proses penggarapan. Lahan itu milik pemerintah daerah dan untuk sementara akan dimaksimalkan untuk pertanian,” ungkap Serka Bee.

Baca juga:  Minahasa, Minsel, Talaud Miliki Kajari Baru

Lanjut dikatakan, lahan tanah seluas lima hektar yang notabene milik pemerintah daerah itu rencananya akan ditanami dua jenis tanaman, yakni jenis tanaman holtikultura dan palawija.

“Rencananya lahan seluas 3 hektare akan kami tanami jagung dan yang 2 hektar lainnya akan ditanami bawang, rica, dan tomat atau Barito,” tandas Serka Bee.

Di tempat terpisah, Komandan Kodim 1312 Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan SE kepada wartawan mengatakan, pemanfaatan lahan kosong yang dikelola pihaknya dengan melibatkan jajaran tingkat Koramil, bertujuan sebagai sarana edukasi kepada masyarakat.

Sasarannya untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan membangun karsa dalam melaksanakan pembangunan di wilayah daerah perbatasan itu.

Baca juga:  Bupati Gaghana Resmikan Gedung Bumdes Kampung Sampakang

“Potensi yang begitu besar akan berguna bila kita mau bekerja keras dalam mengeksplorasi potensi-potensi yang ada sekitar warga masyarakat,” kata Letkol Setiawan.

Melalui pengembangan potensi pertanian dengan memanfaatkan lahan tidur, menurut dia, para prajurit Kodim 1312 Talaud ingin mendorong masyarakat membantu ekonomi sendiri dengan memanfaatkan lahan tidur mereka.

“Program kami (TNI-AD) supaya masyarakat lebih maju dari sisi ekonomi dan sejahtera,” kilahnya.(andi pusut)

BERITA TERKAIT:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed