oleh

Riset Perguruan Tinggi Miliki Peran Penting

MELONGUANE, Meja Hijau – Sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam memajukan pendidikan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Hal ini disampaikan Plt Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange S.Sos, M.Si dalam sambutannya pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari Rabu (02/05/2018) di lapangan sepak bola Desa Bowombaru, Kecamatan Melonguane Timur.

Kesempatan itu Bupati Tuange membacakan sambutan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, bahwa pentingnya pendidikan formal bagi anak bangsa memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Terlebih pendidikan tinggi sebagai terminal akhir pendidikan formal, diharapkan tidak sekedar menjadi wadah untuk studi tetapi juga sebagai wahana pengembangan riset untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga:  Tuange Resmi Pimpin Kabupaten Talaud

“Keharusan perguruan tinggi melaksanakan riset serta inovasi amatlah penting terlebih dalam situasi sosial di era sekarang ini, terutama dengan dorongan revolusi industri empat persen,” kata Tuange.

Oleh karenanya, perguruan tinggi sebagai wahana riset seharusnya lebih sensitif terhadap segala perubahan yang terjadi di masyarakat, serta solutif terhadap tantangan yang dihadapi.

Sebab kepekaan itulah perguruan tinggi dapat secara cepat memberikan rekomendasi serta solusi untuk menjawab segala permasalahan.

“Saat ini diperlukan sistem pendidikan yang mampu dan berkualitas yang tidak hanya dalam sistem pembelajaran namun dalam lingkup riset, teknologi dan inovasi.

“Setiap negara di dunia mengandalkan perguruan tingginya untuk melakukan riset ilmiah yang hasilnya dapat menyokong kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu juga, Kemenristekdikti terus memperluas akses bagi lulusan sekolah menengah atas untuk memasuki pendidikan tinggi melalui pembukaan maupun peningkatan daya tampung di perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).

Baca juga:  Pemecatan Kades Bantik Bakal Merusak Wibawa Pemerintahan Elly-Moktar

“Perguruan Tinggi harus lebih peka karena dengan kepekaan itulah akan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia khususnya di kabupaten Talaud,” cetus Bupati Tuange.

Seperti diketahui, program yang sedang digalakkan Menristekdikti di Kabupaten Kepulauan Talaud adalah pendidikan jarak jauh yang dalam waktu dekat akan dikuatkan melalui Permenristek.

Sehingga nantinya, akan ada pembangunan universitas cyber yang akan memberikan banyak model pembelajaran dengan online sistem.(andi pusut)

BERITA LAINNYA:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed