oleh

Bunda Rita Kampanye Gemar Makan Ikan

MANADO, Meja Hijau – Ketua Tim Penggerak-PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rita Maya Dondokambey Tamuntuan mengajak warga masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan laut.

Selain menjadi makanan pelengkap, ikan mengandung banyak vitamin dan gizi yang berguna untuk kecerdasan otak dan untuk pertumbuhan fisik manusia.

Hal itu disampaikan Rita Dondokambey-Tamuntuan saat menghadiri Lomba Menu Serba Ikan dan Bazar Produk Hasil Kelautan dan Perikanan.

Hajatan tersebut, First Lady Sulut ini juga menjadi Juri Lomba Masak Ikan se Kabupaten Minahasa yang digelar di Langowan  Rabu (25/04/2018).

“Harus dimulai dari keluarga, dimana ikan merupakan satu sumber makanan hewani yang mengandung mineral dan protein serta Omega3,” ujar Rita yang juga Ketua Forikan Sulut.

Baca juga:  Bupati Roring Kukuhkan Kanonang Satu sebagai Desa Mapalus Mantap Covid-19

Lanjut dikatakan, potensi perikanan menjadi ciri khas tersendiri daerah Sulawesi Utara. Ikan bahkan sangat mudah didapat di perairan Sulut. Untuk itu masyarakat harus memanfaatkan dengan baik potensi tersebut dengan gemar mengkonsumsi ikan.

Sayangnya warga lebih memilih makan daging dan ayam sebagai sumber protein dibanding ikan. Padahal nutrisi ikan sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding daging dan ayam.

Selain itu, harga beli ikan lebih terjangkau disbanding harga daging dan ayam. Manfaat dari mengonsumsi ikan, yakni dapat membantu pertumbuhan, terutama pertumbuhan otak dan tulang anak.

Selain itu proteinnya tinggi, dan ikan juga mengandung asam lemak omega 3 (yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak), serta kalsium, vitamin D, dan fosfor (yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan tulang).

Baca juga:  PT BSG Bersama Bank BRI Sepakati Perkuatan Perekonomian Daerah

Tak hanya itu, ikan juga kaya akan vitamin dan mineral lain, seperti vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium, dan kalium.

“Semua vitamin dan mineral tersebut, sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan,” kata istri tercinta Gubernur Olly Dondokambey ini.

Nustri ikan juga dapat mencegah berbagai penyakit. 2. Mencegah penyakit jantung

“Kementerian Kesehatan RI sendiri merekomendasikan untuk makan ikan sebanyak 2-3 kali per minggu. Ikan mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan stroke. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan sangat baik untuk kesehatan jantung,” pungkasnya.(vanny)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed