oleh

Siti Nurbaya: Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Miliki Peran Strategis

TONDANO, Meja Hijau – Gubernur Olly Dondokambey diwakili Sekertaris Provinsi Sulut (Sekprov) Edwin Silangen menghadiri peringatan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HKMAN) yang dilaksanakan di lokasi wisata Benteng Moraya Tondano, Minahasa, Sabtu (17/03/2018).

Acara aliansi adat itu turut dihadiri Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya. Sambutan Menteri Siti Nurbaya mengatakan, aliansi masyarakat adat nusantara merupakan komunitas adat seluruh pelosok NKRI harus mengawal dan memainkan peran strategis dalam pembangunan bangsa dan daerah.

Baca juga:  Hukum Adat Minahasa Mengenal Tiga Jenis Tanah Kalakeran

Aliansi Masyarakat Nusantara juga harus menyamakan visi, misi, langkah, dan persepsi untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, Kesatuan NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Perayaan diawali pawai budaya 500-an orang utusan masyarakat adat yang akan hadir dari seluruh nusantara dengan mengenakan pakaian adat. Mereka berjalan kaki sejauh 1,3 kilometer dari lapangan Sam Ratulangi menuju ke Benteng Moraya yang diiringi tarian Kawasaran dari 200 pemuda dan pemudi adat Minahasa.

Baca juga:  2018, CEP-FDW Ajak Warga Gencar Menanam

Selain itu, berbagai atraksi dan pagelaran budaya, pameran-pameran produk Masyarakat Adat, pameran foto, dan lain-lain akan dipentaskan pada perayaan tersebut.(vanny)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed