oleh

Ranoyapo Potensial Gabung dengan Dapil I

AMURANG, Meja Hijau – Kecamatan Ranoyapo pada pemilu 2014 lalu masuk daerah pemilihan (Dapil) II bersama Kecamatan Motoling, Motoling Timur, Motoling Barat, dan Kumelembuai.

Namun pada Pemilu mendatang, Kecamatan Ranoyapo bakal digabungkan dengan Dapil I bersama Kecamatan Modoinding, Tompasobaru, dan Maesaan.

Menurut Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Panwas Minsel Franny Sengkey SE, kemungkinan Kecamatan Ranoyapo bergabung dengan Dapil I sangat memungkinkan.

“Kami sementara melakukan pengkajian, dan Ranoyapo bergabung dengan Dapil I memenuhi syarat. Pertimbangan kami dari aspek geografis, budaya dan historisnya sangat dekat dengan Modinding Maesaan, dan Tompasobaru,” ujar Sengkey.

Diuraikan Sengkey, pada pemilu 2004 lalu Kecamatan Ranoyapo masih masuk Dapil I meraih 7 kursi, kemudian dari sisi geografis memenuhi syarat berdekatan dengan kecamatan Tompasobaru.

“Begitu juga dengan budaya, untuk itulah kami mengkaji perubahan Dapil ini memungkinkan Ranoyapo ditarik kembali ke Dapil I,” terangnya.(vanny)