oleh

‘Datung Banua’ Disambut Adat Nusa Utara

MOLIBAGU, Meja Hijau – Pemegang gelar adat ‘Datung Banua’ dari suku Sangihe, Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu SIP mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Nusat Utara di wilayah Bolmong Raya.

Saat menghadiri perayaan Tulude, Jumat (02/02/2018), H2M sapaan Mayulu menjadi tamu kehormatan Jemaat Gereja Masehi Injil Bolaang Mongondow (GMIBM) Solagratia di Desa Buntalo, Kecamatan Lolak.

Kehadiran H2M disambut dengan prosesi adat Nusa Utara.

Menakau Umbe Dingangu Menakeu Bawandang”, yang artinya pemasangan topi adat (Paporong) sebagai tanda H2M masyarakat kehormatan bagi warga Nusa Utara.

Puncak acara Adat Tulude ditandai prosesi pemotongan Kue Tamo oleh tokoh adat . Bendera Merah-Putih yang tertancap di puncak Kue Tamo diberikan kepada H2M sebagai simbol penghormatan dan penganugerahan H2M sebagai pemimpin masa depan.

Baca juga:  Korban Konsumen Berjatuhan, Kadis Perindag Manado Segera Bentuk BPSK

Sambutan H2M menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada masyarakat Nusa Utara di Kabupaten Bolmong khususnya di Desa Buntalo Kecamatan Lolak.

“Tulude pada hakekatnya adalah kegiatan upacara pengucapan syukur kepada Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan yang Mahakuasa) atas berkat-berkat-Nya kepada umat manusia selama setahun yang lalu,” kata H2M.

Lanjut dia, sehingga upacara adat ini merupakan momentum doa dan permohonan dalam bentuk ucapan syukur atas segala berkat dan perlindungan Tuhan di tahun yang telah lalu, sekaligus memohon agar Tuhan selalu menyertai, menuntun, memberkati dan tetap memberikan limpahan rezeki, kesehatan dan perlindungan bagi pemerintah dan rakyat di tahun baru ini.

Baca juga:  Warga Kawangkoan bersama Relawan Sepakat Tolak Covid-19

H2M menambahkan, tradisi budaya ini sangat penting untuk terus dilestarikan dan perlu dilaksanakan secara rutin dari tahun ke tahun. Disamping sebagai tradisi, Tulude dapat dijadikan momentum wisata budaya pengembangan sektor pariwisata.

Kehadiran H2M didampingi Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, Tokoh Masyarakat Bolmong Yusuf Mooduto, Camat Lolak, Kapolsek Lolak, Danramil Lolak, serta seluruh kepala dinas badan Pemkab Bolsel.(nixon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed