Ranoyapo Potensial Gabung dengan Dapil I

AMURANG, Meja Hijau – Kecamatan Ranoyapo pada pemilu 2014 lalu masuk daerah pemilihan (Dapil) II bersama Kecamatan Motoling, Motoling Timur, Motoling Barat, dan Kumelembuai.

Namun pada Pemilu mendatang, Kecamatan Ranoyapo bakal digabungkan dengan Dapil I bersama Kecamatan Modoinding, Tompasobaru, dan Maesaan.

Menurut Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Panwas Minsel Franny Sengkey SE, kemungkinan Kecamatan Ranoyapo bergabung dengan Dapil I sangat memungkinkan.

“Kami sementara melakukan pengkajian, dan Ranoyapo bergabung dengan Dapil I memenuhi syarat. Pertimbangan kami dari aspek geografis, budaya dan historisnya sangat dekat dengan Modinding Maesaan, dan Tompasobaru,” ujar Sengkey.

Diuraikan Sengkey, pada pemilu 2004 lalu Kecamatan Ranoyapo masih masuk Dapil I meraih 7 kursi, kemudian dari sisi geografis memenuhi syarat berdekatan dengan kecamatan Tompasobaru.

“Begitu juga dengan budaya, untuk itulah kami mengkaji perubahan Dapil ini memungkinkan Ranoyapo ditarik kembali ke Dapil I,” terangnya.(vanny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *