oleh

Peluang Mewoh Terbuka, Dibayangi Ringkuangan dan Kumendong

MANADO, Meja Hijau – Siapa pengganti Bupati Jantje Wowiling Sajow (JWS) yang akan mengakhiri tugas Bupati Minahasa 17 Maret 2018 mendatang, sederet nama berpeluang diusulkan Gubernur Olly Dondokambey.

“Penjabat yang akan diusulkan sudah pasti orang Minahasa,” ungkap Olly, kepada wartawan, baru-baru ini.

Lanjut dikatakan, cuma pastinya calon yang akan diusulkan ke Mendagri adalah pejabat dalam JPT Pratama Pemprov Sulut.

Sementara Kepala Biro Pemerintahan dan Humas, Dr Jemmy Kumendong kepada wartawan menjelaskan, aturannya satu bulan sebelum masa jabatan berakhir, penjabat bupati sudah diusulkan gubernur ke Mendagri.

Baca juga:  Pilkada Manado, PDIP 'Dorong' Andrei Angouw

“Saat ini sedang digodok, namun pembahasan nama tetap menjadi wewenangnya gubernur,” jelas Kumendong.

Soal pengisian penjabat bupati/walikota ada surat edaran Mendagri Nomor 120/3262/sj tentang pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah serta pengangkatan penjabat kepala daerah yang baru.

“Intinya mengatur tata cara mengisi kekosongan jabatan gubernur, bupati, dan walikota, diusulkan tiga nama ke Mendagri. Syaratnya berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama. Memiliki pengalaman di bidang pemerintahan dan dapat menjaga netralitas PNS dalam penyelenggaraan Pilkada,” urai Kumendong.

Baca juga:  Kepada Jokowi, Gubernur Olly Usulkan Para Medis Naik Pangkat

Adapun pejabat yang memenuhi syarat potensial diusulkan gubernur ke Mendagri, antaranya Royke Mewoh, Jemmy Ringkuangan, Jemmy Kumendong, Femmy Suluh, Refly Ngantung.

Lima pejabat dimaksud memenuhi syarat sesuai ketentuan Kemendagri. Bahkan kelimanya berasal dari Minahasa seperti yang diisyaratkan Gubernur Olly Dondokambey.(vanny)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed