oleh

Karang Taruna Panebulan Rutin Bersihkan Sampah

TUTUYAN, Meja Hijau – Sampah berhamburan di berbagai tempat di Ibukota Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mendapat perhatian Karang Taruna Panebulan.

Beramai-ramai para muda-mudi Karang Taruna Panebulan Desa Tutuyan Dua, Kecamatan Tutuyan, melakukan aksi pengumpulan sampah, Minggu (7/1/2018).

Mereka tampak bersemangat melakukan pengumpulan sampah secara sukarela dibantu dum-truk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Boltim.

Menurut Kepala DLH Rusmin Mokoagow melalui Kepala Bidang Lingungan Hidup Olivia Mamonto, gerakan bersih-bersih para pemuda sangat membantu warga yang didera masalah sampah apalagi belum tersedia tempat pembuangan sampah yang tetap.

Baca juga:  Kombes Bawensel: Konglish Cs Terancam 12 tahun Penjara

“Untuk mengangkut sampah, mereka rela mengelilingi kampung Tutuyan Dua mengumpulkan dan langsung mengangkut ke tempat yang sudah mereka siapkan,” kata Olivia.

Lanjut dikatakan, meski caranya masih darurat namun upaya membantu masyarakat terhindar dari resiko sampah sudah dilakukan para pemuda. Sampah dibakar apa adanya dengan penjagaan ketat dan jauh dari pemukiman warga.

“Mereka pulang dalam posisi api sudah padam benar. Hanya dengan kondisi darurat seperti itu dapat mereka upayakan. Dan upaya itu sudah dilakukan para pemuda lebih dua tahun terakhir dengan kendaraan open-cup,” ujar Olivia.

Baca juga:  AKBP Tamuntuan: Mutasi Menunjang Karir Polisi

Ia salut dengan inovasi-inovasi seperti itu, sebab apa yang dilakukan Karang Taruna Panebulan belum pernah dilakukan pemuda lain di wilayah Boltim.

“Apalagi aksi mereka tidak dibayar dan tidak digaji, melainkan sukarela mereka sendiri. Ini sepertinya lahir dari ketulusan hati karena rasa tanggung jawab terhadap kebersihan, kenyamanan dan kesejukan lingkungan,” urai Olivia.

Pihaknya berencana menjadikan Karang Taruna Panebulan Desa Tutuyan Dua menjadi rekan kerja DLH dan dapat menjadi pilot project kegiatan DLH ke depan.(uyo rorimpandey).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed