oleh

Kamaru: Air Bersih dan Sanitasi tak Dapat Dipisahkan

Molibagu, Meja Hijau – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Iskandar Kamaru menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Jakarta, Selasa (19/12).

Kegiatan PAMSIMAS yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dipusatkan di Auditorium PUPR di Kota Jakarta.

Hadir Sekjen PUPR, Menteri Kesehatan, para gubernur, bupati/walikota, serta Dinas PU se – Indonesia.

“Sanitasi dan air minum saling berkaitan erat, makanya sangat penting diikuti Pemkab Bolsel,” tutur Wabup Iskandar Kamaru.

Baca juga:  Depresiasi Nilai Tukar Rupiah Pengaruhi Suku Bunga BSG

Fasilitas sanitasi yang layak sangat bergantung pada ketersediaan air minum yang layak dan begitu juga sebaliknya.

Untuk mendapatkan air minum yang baku, sangat diperlukan pengelolaan sanitasi yang baik. Tanpa keduannya maka manusia akan kesulitan menghadapi kehidupannya.

“Air minum dan sanitasi sudah menjadi kebutuhan dasar manusia dan harus dipenuhi,” kata Wabup Kamaru.

Pemkab Bolsel sendiri konsisten mengutamakan air minum dan sanitasi dalam kerangka pembangunan nasional. Bahkan rencana pembangunannya sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2005-2025.

Baca juga:  Olly: Nopember Harga Kopra Stabil..!!!

“Sangat penting apalagi Bolsel termasuk daerah yang baru belajar tentang pengelolaan sanitasi dan air bersih,” jelasnya.

Sementara Kepala Bagian (Kabag) Humas Setdakab Bolsel, Ahmadi Modeong berharap materi yang didapatkan dalam kegiatan tersebut nantinya diterapkan di daerah.

“Ini juga bisa diadopsi oleh Badan Urusan Milik Desa (BUMDes) untuk diterapkan dalam pengelolaan air bersih setiap desa,” tutup Kabag Humas Ahmadi Modeong.(uyo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed