oleh

106 Kendis Boltim Dilelang Awal 2018

TUTUTAN, Meja Hijau – Sebanyak 106 unit Kendaraan Dinas (Kendis) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), rencana dilelang pada awal tahun 2018.

Rencana lelang masih menunggu hasil pemeriksaan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) guna memeriksa kondisi Kendis. Adapun surat pengajuan sudah diserahkan ke Bupati Boltim untuk disetujui.

“Sebanyak 52 unit kendis roda empat dan 54 roda dua sudah diajukan lelang, tinggal menunggu persetujuan bupati, serta pemeriksaan KPKNL, selanjutnya pelaksanaan lelang, tergantung SK yang di tanda tangani Bupati, kalau sudah rencananya awal tahun segera kita lakukan lelang,” kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Oskar Manoppo, Senin (18/12).

Baca juga:  Kabupaten Minsel Diarahkan Bertahap menjadi Smart City

Lanjut dia, pelelangan dilakukan mengingat biaya perawatan semakin besar dan hal itu juga sesuai peraturan.

“Kendisnya sudah pantas dilelang, sesuai tahun pemakaian berkisar 8 tahun. Jika ini tidak dilakukan maka berdampak pada biaya perawatan yang kurang lebih Rp6 miliar pertahun, sehingga kendaraan sudah harus di lelang dan di diganti,” jelas Manoppo.

Baca juga:  Tetty Tekankan Soal Kewajiban Membayar Pajak

Untuk meminimalisir anggaran serta memaksimalkan pelayanan, kata dia, setiap Kepala SKPD diberikan kendaraan dengan status sewa.

“Jika sistem penyewaan kendaraan diterapkan, pemerintah bisa berhemat sekitar Rp 3 miliar per tahun, dari biaya perawatan kendaraan yang mencapai Rp 6 miliar,” jelas Manopo.

Dari total anggaran biaya Rp 3 milliar itu, pemkab bisa mengcover kebutuhan lain, seperti pengalokasian untuk kepentingam rakyat sebagaimana tertuang dalam visi dan misi bupati dan wakil bupati.(uyo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed