oleh

Desa Teep Ditargetkan Pilot-Project Pelestarian Lingkungan

AMURANG, Meja Hijau – Seminar pelestarian lingkungan hidup yang promotori bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kecamatan Amurang Barat, Jumat (15/12) berlangsung sukses.

Seminar bertujuan memberikan pemahaman soal peran masyarakat dalam pelestarian lingkungan hidup, menghadirkan narasumber Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Desa Altin Sualang SIP Msi dan Kasie Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (PLB3)  Dinas Lingkungan Hidup, Vera Rambe SSi MM.

Baca juga:  Proyek Jalan Akses Desa Bukit Tinggi Mencurigakan

Vera Rambe memaparkan pentingnya pengelolaan sampah basah maupun kering seharusnya datang dari kesadaran diri sendiri.

”Kalau dulu sampah adalah hal yang menakutkan, menjengkelkan dan membingungkan, namun sekarang sampah dapat menjadi lahan baru untuk menambah penghasilan,” ungkap Vera.

Caranya antara lain menyiapkan Bank Sampah untuk menampung sampah kemudian dikelola, niscaya akan menghasilkan income.

Kepada warga disalurkan bantuan motor sampah untuk menunjang pengangkutan sampah warga ke Bank Sampah. Saat itu juga diresmikan rumah kompos untuk olahan sampah basah menjadi pupuk kompos.

Baca juga:  Kajati Sulut Terima Penghargaan dari PT PLN (Persero)

Peresmian rumah kompos dilakukan Camat Amurang Barat Sonny Makaenas mewakili Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP).

Bupati melalui Camat Sonny Makaenas berharap Desa Teep menjadi pilot-project Pelestarian Lingkungan Hidup bagi desa lainnya di wilayah Kabupaten Minsel.(evo kelejan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed