oleh

Olly Dondokambey Pastikan Segera Lantik Bupati dan Wabup Talaud

JAKARTA, mejahijau.com – Pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Kepulauan Talaud yang sempat tertunda kini mulai ada kepastian.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey pada malam silaturahmi dengan anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD Sulut, di Hotel Mulia, Kamis, 17 Oktober 2019, malam.

Menurut Olly, tertundanya pelantikan pasangan Elly Engelbert Lasut dan Mokhtar Parapaga hanya karena ada perbedaan pendapat saja.

“Soal Bupati dan Wakil Bupati Talaud tinggal tunggu waktu sedikit. Karena saya tidak mau melanggar hukum. Karena memang ada perbedaan pendapat, tetapi sebentar lagi sudah selesai,” kata Olly.

Kapan jadwal pelantikannya, Olly mengisyaratkan seusai pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Maruf Amien.

“Setelah pelantikan (presiden dan wapres), karena (komposisi) menteri sekarang lagi menunggu (diumumkan),” jelas Gubernur pilihan rakyat Sulawesi Utara ini.

Yang pasti pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih, masih akan ditangani kementerian kabinet sekarang bukan yang baru.

Menariknya, seusai acara malam baku dapa yang penuh kekeluargaan itu, malam itu juga Gubernur Olly Dondokambey bertemu dan Hillary B Lasut di Lounge Hotel Mulia, Jakarta.

Menurut Hesty Sondakh, orang dekatnya Hillary B Lasut, pada pertemuan tersebut Gubernur Olly memastikan dalam waktu dekat segera melantik Bupati dan Wabup Kepulauan Talaud.

”Sudah nggak lama lagi. Nanti dikasih kabar sama Hillary,” ungkap Hesty mengutip Olly Dondokambey yang saat itu memperkenalkan Anggota DPRRI Hillary B Lasut kepada Menteri Bappenas RI.

Sikap negarawan yang ditunjukkan Gubernur Olly Dondokambey mendapat pujian Hilarry.

Dengan suara tegas tapi santun, legislator Fraksi Nasdem Hillary B Lasut menodong OD sapaan akrab Olly untuk mempercepat pelantikan bupati Talaud periode 2019-2024.

“Pelantikan Bupati Talaud agar segera dilaksanakan untuk menjaga demokrasi yg sudah dihasilkan di kabupaten Talaud,” kata anggota DPR RI termuda seperti dikutip dari rilis staf khusus Hesty Sondakh

Menurut Hesty, sebagai Anggota DPR RI tak lain anak semata wayang Elly Engelbert Lasut dan Telly Tjanggulung kini bersedia jadi jaminan bupati dan wakil bupati Talaud akan mendukung semua program dan kebijakan yang digelontorkan Pemprov Sulut.

“Saya jamin nantinya bupati dan wabup Talaud akan mendukung semua program pemerintah provinsi Sulut periode sekarang dan periode berikutnya,” kata Hillary.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut, kewenangan melantik Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Talaud terpilih berada ditangan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey.

“Silakan tanya Gubernur Sulut, karena saya sudah mengeluarkan SK,” tegas Tjahjo saat ditemui wartawan di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.

Dijelaskan Tjahjo, gubernur adalah wakil pemerintah pusat di daerah. Olehnya pelantikan kepala daerah kabupaten kota didasarkan SK Mendagri namun yang memiliki kewenangan melantik adalah gubernur.

“Yang penting suratnya, SK-nya sudah kami kirim ke Pemda Provinsi Sulut,” pungkas mantan Ketua Umum KNPI ini.(ferry lesar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed