oleh

Festival Kentang Modoinding 2019 Sedot Perhatian Internasional

AMURANG, mejahijau.com – Modoinding Potato Festival (MPF) 2019 kembali digelar di Desa Sinisir, Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Modoinding teramat lekat dengan produksi pertanian hortikultura. Limpahan berkat ini setiap tahun seolah terus tercurahkan tak pernah habis-habisnya.

Modoinding terbilang istimewa karena mempunyai daya tarik yang disukai oleh banyak orang.

“Modoinding Membagi Berkat”, menjadi tema sentral enam kali hajatan pada festival yang sudah mendunia ini.

Kesempatan menyampaikan sambutannya, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu mengharapkan masyarakat Modoinding Raya untuk tetap selalu bersyukur kehadirat Tuhan Semesta Alam atas limpahan berkat yang tercurah selama ini.

“Kita bangga Kecamatan Modoinding sebagai dapur bisnis Indonesia Timur, memiliki penghasilan mencapai 1 triliunan per tahunnya,” ujar Bupati Tetty sapaan akrabnya.

Kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Tetty mengutarakan rasa bangga seluruh rakyat Minsel melalui ungkapan terima kasihnya.

“Atas nama rakyat dan pemerintah Kabupaten Minsel, saya sampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertanian RI yang sudah memberikan bantuan yang sangat luar biasa,” ungkap Tetty Paruntu.

Lanjut dikatakan, bantuan mendekati 13 milyar rupiah sudah disalurkan pemerintah pusat pada tahun 2019.

“Dan saya dengar akan ada tambahan lagi sekitar 1,9 milyar pada akhir tahun ini,” kata Tetty.

Pendeta Wailan Posumah selaku pemrakarsa digelarnya MPF mengatakan, festival ini sudah mendunia sejak awal mulai digelar.

“Saya berharap festival ini menjadi kesaksian bahwa di bumi Indonesia, ada satu festival yang cuma ada di Modoinding,” tukas Posumah.

Dikatakannya soal keunikan Modoinding Potato Festival adalah seluruh bahan yang ditampilkan di kendaraan hias seluruhnya akan diberikan secara gratis kepada para pengunjung dari luar Modoinding.

“Semua bahan-bahan pertanian ini disiapkan untuk pada pengunjung yang datang dari luar Modoinding,” kata Posumah yang juga Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah Modoinding.

Tampak menghadiri Festival ini, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Dr Ir Prihasto Setyanto, M.Sc, Direktur Sayuran Tanaman Obat, dan Direktur Perbenihan Ir Karman.

Hadir pula Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol (Inf) Slamet Raharjo, Kepala Kejaksaan Negeri Minsel I Wayan Eka Miartha SH, MH.

Sejumlah peserta participant 5th Asian Christian Life-Giving Agriculture Conference 2019 yang datang dari 8 negara, yakni Korea Selatan, Malaysia, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, India, Thailand, dan Indonesia turut hadir di festival tahunan ini.(tim redaksi)

  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed