Bupati Roring Bangga Desa Pulutan Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

TONDANO, mejahijau.com – Desa Pulutan di kecamatan Remboken, Selasa 08 Oktober 2019, siang, diresmikan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Peresmian diawali peletakan batu pertama pembangunan pada lokasi fasilitas umum Taman Kanak-Kanak desa Pulutan oleh Bupati Minahasa Ir Royke Roring bersama Direktur Kepesertaan BPJS Ilyas Lubis dan Kadisnakertrans Provinsi Sulut Ir Erny Tumundo,MSi.

Acara dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya lokal, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, dan pemutaran video desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

Depdirwil Sulawesi Maluku BPJS Ketenagakerjaan, Toto Suharto dalam laporannya mengatakan, acara ini merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

“Desa ini dipilih karena sudah mengenal dan menyadari pentingnya BPJS Ketenagakerjaan. Dan pelaksanaan di kabupaten Minahasa didukung penuh oleh pemerintah kabupaten Minahasa, dan kami mengapresiasi sehingga acara ini boleh terselenggara dengan baik dan kiranya kedepan akan lebih baik lagi,” jelas Toto.

Direktur Kepesertaan E. Ilyas Lubis dalam sambutannya mengaku senang bisa hadir bertemu bersama Bupati Minahasa dan warga yang ada untuk memperkenalkan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kita semua perlu menyiapkan diri untuk hari tua dan sebagai jaminan dalam kita bekerja, semua harus ditangani sistem jaminan sosial,” papar Lubis.

Dia mengajak ikut program BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan masa depan. Kesejahteraan terjamin oleh BPJS Ketenagakerjaan, seperti kecelakaan pekerja untuk biaya rumah sakit di tanggung BPJS, dan ini merupakan jaring pengaman.

Lanjut dikatakan, negara sudah memakai jaring untuk para pekerja seni kita untuk melindungi diri dan keluarga kita dan dijamin oleh negara.

Desa Pulutan merupakan desa yang sadar, bahwa para pekerja disini sudah diikutkan sehingga warga desa sudah memiliki jaminan.

“Desa pulutan merupakan simbolis desa yang sadar, dan mudah mudahan desa-desa lainnya juga mengikuti,” kata Lubis sembari berharap BPJS Ketenagakerjaan semakin dikenal luas dan masyarakat bisa merasakan manfaat-manfaatnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan simbolis MOU Desa Sadar, Sertifikat dan Kartu Kepesertaan kepada badan usaha milik desa oleh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan kepada Hukum Tua Desa Pulutan.

Kemudian dilanjutkan penyerahan secara simbolis santunan JKM oleh Dirkep dan Bupati Minahasa didampingi Depdirwil, Depdirbid, Kadisnaker Provivinsi dan Kakacab.

Selanjutnya Penandatanganan MOU 5000 Pekerja rentan yang ditandatangani Bupati Minahasa dan Kakacab serta penyerahan Mockup GN Lingkaran Kepesertaan 5000 pekerja rentan program GN Lingkaran oleh Bupati Minahasa kepada Dirkep dan Pertukaran plakat antara pemerintah kabupaten Minahasa dengan BPJS  ketenagakerjaan dan penyerahan cinderamata dari pemerintah Desa Pulutan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Bupati Minahasa Royke Roring dalam sambutannya mengatakan, sebagai satu desa yang sadar jaminan sosial selaku pribadi dan pemerintah memberi apresiasi dan salut kepada hukum tua dan perangkat desa serta seluruh warga desa Pulutan.

“Hari ini sudah terlaksana, intinya menjadi apresiasi kami dan kebanggaan kami pemerintah kabupaten Minahasa ketika desa Pulutan menyadari betapa pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan. Dan ini yang membanggakan kami sehingga kami boleh hadir dalam acara ini,” ucap Roring.

Lanjut Bupati Royke Roring, pentingnya jaminan sosial satu-satunya provinsi dibawah kepemimpinan ODSK yang menanggung tokoh-tokoh agama lewat BPJS ketenagakerjaan dan bahkan seluruh perangkat desa di tambah dengan THL termasuk petugas kesehatan, dan pemerintah hadir bersama BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi rakyat.

“Kiranya lewat berbagai kegiatan ini akan meningkatkan kepesertaan kita baik dari sisi petani, nelayan, dan pengrajin sebagaimana Perda mengharuskan seluruh perusahaan mengadakan jaminan ketenagakerjaan bagi pekerjanya,” ucap Roring.

Dengan mengikuti program BPJS ketenagakerjaan, kata Roring, itu adalah keamanan bagi kita semua. BPJS Ketenagakerjaan Minahasa berjumlah 7208 pekerja, di antaranya aparat desa 3534, THL 3296 dan perusahaan 578 dan desa sadar BPJS Ketenagakerjaan di Minahasa sudah ada 7 desa, di Kanonang Raya ada 5 desa, Koka Barat dan Desa Pulutan.

Akhir kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati dengan Dirkep, kemudian Peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, serta peninjauan pembuatan kerajinan gerabah oleh pengrajin Desa Pulutan.(herdy mendur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *