Olly: Tjokroaminoto Guru Terbaik Bung Karno

MANADO, mejahijau.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengapresiasi jasa pahlawan nasional sekaligus pemimpin abadi Syarikat Islam (SI), yaitu Hadji Oemar Said (H.O.S) Tjokroaminoto.

Tjokroaminoto memimpin SI sejak 1914 hingga wafat pada 17 Desember 1934. Di bawah kendalinya, SI menjadi salah satu organisasi massa terbesar dalam sejarah pergerakan nasional.

TOkoh nasional ini adalah guru bagi tokoh-tokoh yang kelak sangat berpengaruh, seperti Soekarno.

Hal itu disampaikan Olly Dondokambey saat menghadiri pelantikan pengurus wilayah Syarikat Islam (SI) Sulut di Manado, Jumat, 04 Oktober 2019.

“Saya mengucapkan selamat kepada pengurus wilayah Syarikat Islam (SI) Sulut yang baru dilantik. Saya kira saatnya SI bangkit melayani umat dalam rangka menjabarkan apa yang diajarkan oleh Tjokroaminoto,” kata Olly.

Gubernur Olly mengaku banyak membaca buku tentang HOS Tjokroaminoto. Olehnya dia tahu persis bagaimana Bung Karno berguru darinya dan banyak belajar dari SI.

Kesempatan itu, Olly mengajak seluruh pengurus SI Sulut menyatukan tekad dan bekerjasama mengembangkan SDM dalam rangka memajukan ekonomi daerah dan bangsa.

“Jadi kalau betul-betul kita melakukan sesuatu dengan hati bersih, dengan niat yang baik, niscaya Syarikat Islam akan banyak mensejahterakan umat dan masyarakat yang ada di sekitarnya. Kalau kita lakukan bersama-sama pasti akan sukses,” papar Olly.

Dikatakan, masyarakat menjadi bagian penting dalam perkembangan SI di Indonesia. Jangan kita melupakan masyarakat sekitar. Kebersihan itu harus benar-benar bersih, dan kesuksesan itu harus benar-benar sukses,

Acara pelantikan dihadir Ketua Umum Pengurus Pusat (Laznah Tanfidziyah) Syarikat Islam, Hamdan Zoelva, Ketua Pengurus Wilayah SI Sulut Machmud Turuis, jajaran Kanwil Kemenag Sulut dan para tokoh agama di Sulut.(hps/arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *